Notification

×

Iklan

Iklan

Lapas Selong Ikuti Upacara HBP ke 59: Transformasi Sukseskan Keadilan Restoratif dan Reintegrasi Sosial

Wednesday, May 3, 2023 | May 03, 2023 WIB Last Updated 2023-05-03T02:47:07Z

Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke 59

 SELAPARANGNEWS.COM - Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selong beserta seluruh jajaran UPT Kantor Wilayah Kemenkumham NTB se-pulau Lombok turut mengikuti upacara puncak peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 sekaligus syukuran yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI secara virtual pada Selasa (02/05/2023).


Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan yang jatuh tiap tanggal 27 April menjadi momen penting yang tercatat dalam sejarah Indonesia, dimana sistem kepenjaraan kemudian ditransformasikan menjadi sistem Pemasyarakatan.


"Pada hari ini kita menjadi saksi bersama, bahwa apa yang dahulu dicita-citakan oleh para founding fathers sampai saat ini istiqomah kita kawal untuk mencapai tujuan luhur Beringin Pengayoman," tutur Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly selaku Inspektur Upacara.


Sistem Pemasyarakatan yang semula hanya menjadi muara dari sistem peradilan pidana kini harus bertransformasi mulai dari tahapan Pra Adjudikasi, Adjudikasi sampai dengan Pasca Adjudikasi. Hal ini menuntut perluasan peran Petugas Pemasyarakatan untuk berpartisipasi penuh dalam mensukseskan keadilan restoratif yang sejatinya sejalan dengan konsep reintegrasi sosial yaitu pemulihan hubungan hidup, kehidupan, dan penghidupan.


"Sejalan dengan itu, dalam mewujudkan tujuan tersebut kita tidak bisa hanya berfokus kepada para pelanggar hukum saja, tetapi harus meluas sampai ke masyarakat untuk menciptakan ekosistem social reintegration," sambungnya.


Yasonna juga menyinggung UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan UU Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP. Pemidanaan nantinya bukan hanya mampu memberikan penyelesaian berkeadilan tetapi juga memulihkan. Ia mengajak seluruh jajarannya terutama Pemasyarakatan untuk memiliki komitmen sebagai pondasi dalam melakukan pembenahan.


Ia juga memberikan apresiasinya bagi jajaran Pemasyarakatan dan pihak-pihak lain seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, sektor swasta serta organisasi masyarakat yang telah membantu dalam penyelenggaraan tugas pemasyarakatan. Pelibatan masyarakat tentunya akan

berkontribusi dalam meningkatkan social control, social support dan social participation pada upaya pemulihan konflik pelanggar hukum dengan masyarakat secara inklusif.


"Ini adalah bentuk nyata seluruh elemen dalam mewujudkan tujuan Pemasyarakatan. Saya juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan. Selamat hari Bakti Pemasyarakatan, tetap fokus bekerja, perkuat sinergi dan kolaborasi serta tingkatkan kedisiplinan," pungkasnya.


Selanjutnya, usai pelaksanaan upacara HBP secara virtual, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Romi Yudianto beserta para pimti merangkaikan kegiatan tersebut dengan pemotongan tumpeng serta pemberian piala dan sertifikat penghargaan kepada para pemenang lomba pada Pekan Olahraga HBP. (SN)

×
Berita Terbaru Update