Notification

×

Iklan

Iklan

KKP UIN Mataram Roadshow Literasi Digital Bersama Diskominfo Lotim dan Pandu Digital

Friday, July 14, 2023 | July 14, 2023 WIB Last Updated 2023-07-14T14:18:31Z

Roadshow Literasi Digital KKP UIN Mataram bersama Kominfo dan Pandu Digital di Aula Kantor Desa Pringgajurang Utara

SELAPARANGNEWS.COM - Kelompok Kerja Partisipatif (KKP) UIN Mataram 2023 melaksanakan roadshow literasi digital di Aula Kantor Desa Pringga Jurang Utara bersama Diskominfo Lombok Timur dan Pandu Digital, Jum'at, (107/2023) dengan tema pemberdayaan masyarakat melalui digitalisasi berbasis potensi desa dan kelurahan. 


Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM, penggerak pariwisata dan pemuda di Desa Pringgajurang Utara. Roadshow ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di Desa Pringgajurang Utara agar memanfaatkan kehadiran sosial media dalam melakukan pemasaran terhadap produk-produk yang dihasilkan karena sejauh ini pemanfaatan media sosial, E-Comerce misalnya sangat minim dilakukan oleh pelaku UMKM.


Hal itu diutarakan Juanda Agus Budiman selaku pemateri pertama perwakilan Pandu Digital. Kata dia, masyarakat Indonesia yang sudah menggunakan Internet harus bisa memanfaatkan Internet untuk hal-hal yang produktif. 


Juanda sapaan akrabnya memberikan semangat kepada para pelaku UMKM untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam melakukan pemasaran karena pemanfaatan perkembangan teknologi dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan e-commerce bagi pelaku UMKM.


“Sudah saatnya kita memanfaatkan media sosial yang telah aada untuk melakukan pemasaran bukan hanya kita manfaatkan untuk hal-hal yang bersifat kesenangan sementara," tuturnya.


Ia juga mengajak kelompok KKP bekerja sama dengan pihak Pandu Digital untuk mengadakan kegiatan edukasi bagaimana cara memanfaatkan e-comerce bagi para pelaku UMKM yang ada di Desa Pringgajurang Utara. 


Salah satu hal yang juga sangat ditekankannya adalah pemanfaatan media sosial dengan bijak termasuk etika dalam menggunakan media sosial. Ia menilai bahwa sejauh ini masih banyak ditemukan pengguna media sosial yang hanya tinggal post atau share suatu informasi yang diterima tanpa melakukan validasi kebenarannya terlebih dahulu.  


“Pengguna internet yang tinggi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang produktif, hal-hal yang meningkatkan nilai tambah, seperti pemasaran hasil UMKM masyarakat desa pringga jurang utara," tegasnya. 


Perwakilan Dinas Kominfo Lombok Timur Muhammad Amin Kutbi memaparkan manfaat dan tantangan yang akan dihadapi dengan kehadiran literasi digital yang sudah menyebar sampai ke pelosok-pelosok desa. 


“Melanjutkan sebagaimana yang disampaikan di awal, dalam memanfaatkan media sosial yang kita punya sekarang ini harus didukung dengan etika dan budaya bermedia sosial yang bijak,” tuturnya.


Menurut dia, salah satu manfaat kehadiran media sosial yang paling sedikit dimanfaatkan oleh masyarakat ialah kemudahan untuk menjangkau pasar bagi para pelaku usaha. 


“Media sosial yang kita gunakan seharusnya mempermudah kita dalam melakukan kegiatan kita, berdagang bagi pelaku usaha tapi sampai sejauh ini justru manfaat ini yang justru yang tidak banyak disadari oleh para pelaku UMKM sehingga harus diberikan suatu pengayaan lebih," paparnya.


Pemateri terakhir Hadi Kusuma Ningrat lebih memfokuskan pada pemasaran sumberdaya wisata yang ada di Desa Pringgajurang Utara dengan memanfaatkan platform-platform media sosial yang ada. 


Ia menilai keindahan alam yang ada di Desa Pringgajurang Utara sangat berpotensi jika bisa di menyediakan selanjutnya dipasarkan. 


“Banyak Desa-Desa yang sebelumnya bukan Desa wisata tetapi berubah menjadi Desa wisata hanya karena kemampuan untuk menyediakan dan melakukan pemasaran dengan media sosial yang ada, apalagi dengan Keindahan yang ada di Desa ini akan sangat berpotensi dikenal jika bisa dikemas," ujarnya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update