Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Warga Binaan Lapas Selong Ikuti Pendidikan Kecakapan Wirausaha

Thursday, July 27, 2023 | July 27, 2023 WIB Last Updated 2023-07-27T01:14:01Z

Pembukaan Pendidikan Kecakapan Wirausaha bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIB Selong 

SELAPARANGNEWS.COM - Puluhan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selong, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKE) bidang pelatihan desain grafis untuk menunjang skill warga binaan lapas selong. Rabu kemarin, (26/07/2023).


Pelatihan ini diadakan dengan harapan menjadi sebuah skill yang bisa di amalkan oleh warga binaan setelah habis masa tahanan agar mempunyai skill bidang desain grafis dan mempunyai skill wirausaha yang ke depannya dimanfaatkan untuk bekerja di perusahaan besar yang membutuhkan jasa desain grafis.

Kepala Lapas Kelas IIB Selong Purniawal saat membuka kegiatan mengatakan bahwa PKW itu diikuti oleh 20 warga binaan yang digelar berkat kerjasama dengan PKBM Muntas Labuhan Haji. 

"Kerjasama untuk pelatihan semacam ini sudah berjalan 3 tahun," ucapnya. Kamis, (28/07/2023). 

Kegiatan ini, lanjut Purniawal, akan dilaksanakan selama 200 jam. Ia berharap dengan adanya pelatihan itu, warga binaan mempunyai skill yang memadai nantinya setelah keluar. 

"Tentu kita berharap warga binaan kita ini menjadi seorang wirausahawan setelah habis masa tahanan, mereka bisa bekerja di perusahaan besar yang membutuhkan jasa desain grafis," imbuhnya.

Apalagi, kata dia sekarang ini lagi tren pencetakan baner yang menggunakan jasa desain grafis dan juga sablon. “Harapan besarnya agar mereka mampu mempunyai usaha sendiri dan berkelompok dengan kawan-kawannya yang dilatih sehingga setelah bebas dia ada mata pencaharian sehingga nanti ini akan menekan angka kriminalitas karena orang itu sudah memiliki penghasilan,” Jelasnya.

Pelatihan ini, sambung Purniawal, dimulai dari nol, yaitu orang yang memang sama sekali tidak ada skill desain grafis. Karena itu, disamping dia dididik di bidang desain grafis juga dididik bagaimana dia berwirausaha.

“Bahkan tadi juga dihadirkan dari BRI yang artinya nanti di luar, mereka berkembang dengan baik BRI pun akan membantu jika yang bersangkutan ini mengajukan credit usaha kecil jika ia memenuhi syarat, punya badan usaha yang legal dilihat dan disurvey jika prospeknya bagus maka dia akan di bantu jadi BRI juga berkewajiban membina masyarakat," paparnya, seraya mengatakan bahwa dinas pendidikan selaku perwakilan dari pembina daerah juga ikut hadir untuk mengetahui ini yang mana juga bagian dari kegiatan mereka. (SN) 
×
Berita Terbaru Update