Notification

×

Iklan

Iklan

Digelar Perdana, Rowah Syukur Siu Desa Jurit Dihadiri Pj Bupati Lombok Timur

Sunday, October 29, 2023 | October 29, 2023 WIB Last Updated 2023-11-10T23:33:27Z


SELAPARANGNEWS.COM - Rowah Syukur Siu sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa digelar masyarakat Desa Jurit di Otak Aik Bumbang. Rowah atau gawe tersebut kali pertama digelar tahun 2023 ini dan merupakan bagian dari kegiatan pekan apresiasi budaya desa jurit.


Masyarakat Jurit tumpah ruah di sekitar Otak Aik yang berada di tepi hutan tersebut. Tidak hanya di bawah terop yang disediakan panitia, membentuk kelompok mereka memasang terpal di sawah-sawah yang telah selesai dipanen, menyaksikan berbagai rangkaian acara puncak yang berlangsung Sabtu (28/10/2023).


Penjabat Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik hadir di lokasi acara mengenakan busana adat sasak didampingi, diantaranya oleh Kepala Dinas PMD dan Kepala Dinas Pariwisata. Ia juga didaulat mengikuti ritual bejambe` atau prosesi awal dalam kegiatan tersebut.


Meski pertama kali, kegiatan tersebut mendapat pujian Pj. Bupati yang menyebutnya sebagai sebuah paket lengkap. Bagaimana tidak, selain menampilkan prosesi adat, potensi seniman lokal pun ditunjukkan. Bukan saja seniman tradisional, melainkan pula seni modern. Tidak ketinggalan pula dedare Jurit yang tidak hanya mengandalkan kecantikan paras dan menyimpan wawasan luas, tetapi juga memiliki perilaku terpuji.


Pj. Bupati juga mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan dengan menjaga pasokan air yang mendukung sektor pertanian, di tengah el-nino yang menyebabkan kekeringan beberapa waktu terakhir. Seraya berharap hujan akan segera turun, ia mendorong masyarakat untuk tetap bersyukur dan mengurangi berkeluh kesah. (SN) 

×
Berita Terbaru Update