Notification

×

Iklan

Iklan

Job Fair Perdana SMKN 1 Pringgabaya Diikuti Antusias Para Siswa dan Alumni

Saturday, November 11, 2023 | November 11, 2023 WIB Last Updated 2023-11-11T08:58:07Z

Pemberian Doorprize bagi pemenang kupon jalan sehat dan karnaval SMKN 1 Pringgabaya

SELAPARANGNEWS.COM - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar pameran Bursa Kerja atau Job Fair dan Edu Fair Perdananya, pada Sabtu, (11/11/2023). Kegiatan yang digelar di Lapangan Basket Sekolah itu dihadiri Puluhan Industri, Lembaga Pendidikan dan institusi pendidikan lainnya yang ada di NTB serta diikuti secara antusias oleh para siswa dan alumni SMKN 1 Pringgabaya.

 

Mewakili Kepala Cabang, Kepala Tata Usaha (KTU) Kantor Cabang Dikbud NTB Kabupaten Lombok Timur Isman Sab'i, M.Si., usai membuka acara mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan SMKN 1 Pringgabaya itu merupakan kegiatan yang sangat positif, yang mempertemukan anak didik dengan dunia Industri dan lembaga pendidikan. 


Dengan adanya kegiatan ini, ucapnya, peserta didik atau alumni SMKN 1 Pringgabaya akan lebih mudah menemukan tempat yang cocok untuknya ke depan, apakah ingin langsung bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. "Intinya ini sangat positif dan sangat bagus sekali, kami dari dinas sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar SMKN 1 Pringgabaya ini," pungkasnya. 


Peserta Job Fair mengikuti sesi wawancara dengan HRD Alfamart


Sementara itu, Kepala SMKN 1 Pringgabaya Pathan, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal penting sebagai dasar kenapa Job Fair harus dilakukan di SMKN 1 Pringgabaya. Katanya, SMKN 1 Pringgabaya peringkat kedua jumlah siswa tertinggi di Provinsi NTB. Hal itu menjadi penting dicatat oleh Dunia Industri dan lembaga pendidikan yang ingin menjalani kerja sama dengan SMKN 1 Pringgabaya karena banyak menyediakan tenaga handal yang siap bekerja atau bergabung dengan mereka. 


Pathan menyebutkan, sebagai Sekolah Pusat Keunggulan yang ada di pelosok, SMKN 1 Pringgabaya sudah tiga tahun mengembangkan teknologi energi terbarukan yang sedang digalakkan di dunia Industri guna mengurangi emisi karbon. Ia menyebutkan beberapa produk unggulan yang berhasil dikembangkan itu salah satunya ialah Gerobak Listrik (Gelis) yang sudah dimanfaatkan oleh beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UKM).


Ketua Pelaksana Job Fair dan Edu Fair SMKN 1 Pringgabaya Habib Azmi menegaskan bahwa Job Fair dan Edu Fair yang digelar itu merupakan yang perdana dilakukan di SMKN 1 Pringgabaya. "Peserta Job Fair ini terdiri dari Alumni dan Siswa kelas XII, yang ada di SMKN 1 Pringgabaya dan sekolah sederajat di sekitarnya," katanya, dikonfirmasi usai kegiatan. 


Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 1 Pringgabaya tersebut menyebutkan bahwa ada sekitar 28 Industri dan Lembaga Pendidikan yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Bagi siswa dan alumni yang ingin melamar kerja bisa langsung melakukan pendaftaran di sekolah, begitu juga dengan yang ingin melanjutkan di perguruan tinggi. 


Habib mengatakan, kegiatan tersebut diawali dengan karnaval dan jalan sehat, yang digelar pada Jum'at kemarin, sekaligus untuk memperingati Hari Pahlawan 2023. Selain itu, kata dia, pihaknya juga menggandeng Dinas Dukcapil dan Disnakertrans Lombok Timur untuk melakukan perekaman E-KTP dan Pembuatan Kartu Kuning kepada para peserta yang ingin melamar kerja. 


"Jadi kegiatan ini kita lakukan selama dua hari, kemarin kita awali dengan jalan sehat, hari ini Job Fair dan pemberian doorprize dari industri," pungkasnya. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update