Notification

×

Iklan

Iklan

Juaini Taofik Harapkan IDM Lombok Timur Terus Meningkat Tiap Tahun

Friday, January 5, 2024 | January 05, 2024 WIB Last Updated 2024-02-04T16:11:07Z


SELAPARANGNEWS.COM - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 Lombok Timur menargetkan jumlah desa mandiri sebanyak 25 desa. 


Pada akhir periode RPJMD target tersebut terlampaui dengan jumlah desa mandiri mencapai 88 desa. Jumlah tersebut tersebar di 21 Kecamatan. Sementara itu jumlah desa dengan status berkembang 26 desa dan sisanya merupakan desa maju.

Atas prestasi tersebut Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik menyampaikan selamat dan penghargaannya kepada Kepala Desa, Pendamping Desa, Camat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), dan seluruh pihak terkait lainnya. Ia berharap peningkatan indeks desa membangun (IDM) dapat terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati pada Sosialisasi Integrasi Siskeudes dengan Cash Manajemen System (CMS) Bank NTB Syariah (Transaksi Non Tunai) yang berlangsung Kamis (04/01/2024). 

Pada kegiatan yang berlangsung di Ballroom Kantor Bupati itu ia mendorong perubahan ke arah yang lebih baik, termasuk terkait transaksi non tunai. Penerapan transaksi non tunai menurutnya mendukung transparansi sebagai bagian dari upaya Pemerintah menyempurnakan sistem pengelolaan keuangan.

Pj. Bupati berharap dengan penerapan Siskeudes tidak ada lagi kepala desa yang tersangkut masalah hukum.

Kepala Dinas PMD Salmun Rahman menyampaikan pelaksanaan transaksi non tunai sesuai Surat Edaran Mendagri harus sudah dilaksanakan pada tahun 2024 ini. 

Diharapkan semua desa melaksanakan pengelolaan keuangan sesuai asas dan prinsip partisipatif, transparan, dan akuntabel demi mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik.

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga menyerahkan sertifikat desa mandiri tahun 2022 dan 2023 serta penyematan pin kepada 8 desa Mandiri. (SN)
×
Berita Terbaru Update