Notification

×

Iklan

Iklan

PMB 2020/2021, Universitas Hamzanwadi Sediakan Beasiswa Bagi Tahfiz dan Murid Berprestasi

Saturday, June 27, 2020 | June 27, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T19:21:17Z
Foto: M. Junaidi Marzuki, M.Ed. Ketua Panitia PMB Universitas Hamzanwadi Pancor, Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com
- Masa penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2020/2021 pada Universitas Hamzanwadi Pancor masih berlangsung hingga saat ini. 

Selain menerima pendaftaran melalui jalur undangan, seleksi (reguler), dan juga jalur prestasi, baik prestasi dalam bidang akademik maupun yang non akademik, Universitas Hamzanwadi juga menerima pendaftaran melalui jalur Tahfiz Al Qur'an.

Ketua Panitia Penerima Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Hamzanwadi Pancor, M. Junaidi Marzuki menuturkan, guna mencapai visi-misi lembaga yakni religius and Competitive globally,  Universitas Hamzanwadi akan memberikan keringanan biaya bagi pendaftar yang lulus melalui jalur prestasi. 

Begitu juga dengan calon mahasiswa yang memiliki hafalan Qur'an, juga akan mendapatkan pemotongan biaya kuliah, di mana besarannya akan disesuaikan dengan jumlah hafalan yang dimiliki pendaftar, mulai dari pembebasan biaya kuliah selama satu semester hingga mendapatkan pembiayaan sepenuhnya (Fully Funded).

"Perlu saya sampaikan, selain membuka pendaftaran melalui jalur undangan dan reguler, kami juga membuka jalur prestasi dan penghafal Qur'an (Tahfiz). Hal itu kita lakukan sebagai bagian dari upaya mewujudkan visi-misi kita untuk mencetak lulusan yang Religius and Competitive Globally" ungkapnya. Sabtu (27/06/2020)

Junaidi Marzuki mengaku, ada 20 kuota  beasiswa yang disediakan bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur prestasi. Sementara untuk Tahfiz Al Qur'an, besaran beasiswa yang akan diterima dilihat dari  jumlah juz yang dihafal.

Untuk yang memiliki hafalan 5 Juzz, lanjutnya,  biaya kuliah akan dibebaskan selama 1 semester, sementara yang hafal 10 juz akan dibebaskan selama 2 semester dan begitu seterusnya, hingga yang 30 juz akan diberikan beasiswa sepenuhnya (Fully Funded).

"Tahun lalu juga ada program beasiswa jalur Tahfiz ini, tapi mungkin karena tidak semasif sekarang. Makanya, cuma 2 orang yang lulus yaitu di Prodi BK dan PGSD" ujarnya.

Kendati sekarang lebih masif dan luas,  susul Junaidi, pendaftar melalui jalur Tahfiz bisa mendapatkan beasiswa itu setelah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus. 

"Di antaranya ialah memiliki surat keterangan dari lembaga Tahfiz yang resmi, memiliki piagam penghargaan lomba Tahfiz dan yang terakhir ialah siap mengikuti test dari tim Tahfiz universitas" terangnya. 

Perlu diketahui bahwa masa PMB di Universitas Hamzamwdi telah dimulai sejak bulan Februari lalu, namun sebatas pada pendaftaran melalui jalur undangan saja. Sementara untuk jalur seleksi atau reguler dimulai pada 1 Juni kemarin hingga Agustus mendatang. 

"Jalur reguler gelombang pertama dimulai pada 1 Juni sampai dengan 15 Juli, sementara untuk gelombang keduanya akan kita mulai pada 16 Juli hingga Agustus" paparnya.

Adapun jumlah calon mahasiswa yang terdaftar sejak dibuka hingga sekarang ialah sebanyak 1. 750-an orang yang tersebar dalam 6 Fakultas dan 22 Jurusan. Sementara yang sudah melakukan registrasi ulang ialah sebanyak 750-an orang.

Junaidi mengaku, meskipun di tengah Pandemi Covid-19, jumlah pendaftar yang masuk sudah hampir mencapai target yakni sebanyak 2.000 orang, di mana jumlah ini sama dengan jumlah pendaftar pada tahun lalu "Target kita tahun ini 2. 000, saya optimis hingga masa PMB ini selesai kita mampu mencapai target itu" tutupnya. (SN-05)
×
Berita Terbaru Update