Notification

×

Iklan

Iklan

Empat Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka, Booking Tiket Wajib Online

Wednesday, August 19, 2020 | August 19, 2020 WIB Last Updated 2021-04-13T09:53:23Z
Foto: Rio Wibawanto, Kepala Seksi BTNGR Wilayah Kabupaten Lombok Timur Saat Memperlihatkan Aplikasi E-Rinjani di Gadgetnya.

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mengumumkan akan membuka jalur pendakian ke Gunung Rinjani pada tanggal 22 Agustus mendatang.

Kepala Seksi BTNGR Wilayah II Kabupaten Lombok Timur, Rio Wibawanto menjelaskan, pembukaan jalur pendakian itu dilakukan berdasarkan arahan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  dan juga hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten setempat.

Akan tetapi, dari sekian jalur yang ada, hanya empat jalur pendakian yang akan dibuka, yaitu jalur pendakian Senaru di Kabupaten Lombok Utara, jalur pendakian Sembalun dan Timbanuh di Kabupaten Lombok Timur dan jalur pendakian Aik Berik yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.

Dijelaskan Rio Wibawanto, selain membatasi jalur pendakian, BTNGR juga akan membatasi jumlah pengunjung di masing-masing jalur tersebut,  di samping juga menerapkan paket 2 hari 1 malam untuk masing-masing pendaki dengan maksimal kuota sebanyak 30 persen dari kondisi normal.

Dan khusus untuk masa new normal ini, Pengunjung di masing-masing jalur akan dibatasi sebanyak 45 orang per hari, kecuali untuk jalur Air Berik diberikan Kuota sebanyak 30 orang pengunjung per harinya.

Mekanisme pemesanan tiket pendakian masih sama seperti sebelumnya, yakni booking online melalui aplikasi E-Rinjani. "Ya wajib secara online melalui Aplikasi E-Rinjani" ucapnya. Rabu, 19/08/2020.

Namun demikian, Aplikasi tersebut belum bisa digunakan mengingat masih adanya perbaikan sistem. Akan tetapi, Rio Wibawanto memastikan Kamis besok (20/8) sistem booking online pada aplikasi itu sudah bisa diakses. (SN-05)

×
Berita Terbaru Update