Notification

×

Iklan

Iklan

Inspektorat Lotim Perketat Pengawalan Bantuan Covid-19 di Desa

Sunday, August 9, 2020 | August 09, 2020 WIB Last Updated 2021-04-15T10:30:28Z
Sapardi, S.Sos., MM, Sekretaris Inspektorat Lombok Timur
Lombok Timur, Selaparangnews.com – Adanya instruksi dari Inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menekankan pengawasan pada dana bantuan Covid-19 disetiap Desa, menimbulkan reaksi dari Inspektorat Daerah Lombok Timur. “Sudah dari dulu kita lakukan pengawalan” terang Sapardi, S.Sos., MM selaku Sekretaris Inspektorat Lombok Timur. Sabtu, (08/08/2020).

Menurut Sapardi selama musim pandemi Covid-19, Inspektorat tetap intens melakukan pengawasan terhadap pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) diseluruh Desa yang ada  di Lombok Timur.
Ia juga menjelaskan, sesuai dengan petunjuk pelaksana dan petunjuk tehnisnya yang diatur oleh kementerian, bahwa Dana Desa bisa disalurkan untuk bantuan Covid-19. Adapun perubahan dilakukan pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) yang awalnya tidak ada, akan tetapi setelah adanya wabah pandemi skala nasional itu kemudian dianggarkan oleh setiap Desa.
“Hal itu wajar, karena melihat kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak bagi seluruh sektor sosial masyarakat,” kata Sapardi.
Sampai saat ini dari Inspektorat Lotim sendiri, tidak pernah menemukan kasus-kasus kecurangan pada pembagian BLT DD. Adapun Sapardi menerangkan jika selama ini laporan yang masuk hanya berkaitan dengan kesalahan data disetiap Desa.
“Paling sering itu ada laporan data yang double bagi penerima BLT DD,” ungkapnya. Akan tetapi hal seperti itu langsung ditindak lanjuti dengan cepat dan sigap oleh Inspektorat Daerah Lotim.
Salah satu bentuk pengkawalan dan pengawasan terhadap BLT DD yakni dengan menugaskan secara langsung dari Inspektorat Daerah untuk melakukan pengawasan secara rinci mulai dari tahap mengemasan sampai dengan pembagian.
“Kalau ada yang bertindak tidak sesuai dengan regulasi yang ada, maka petugas kami akan membenarkannya di tempat,” tandas Sapardi.
Ke depannya pihak Inspektorat Daerah Lotim menghimbau agar semua elemen pemerintah dan masyarakat bisa bekerjasama dengan baik untuk membenahi kesalahan-kesalahan di lapangan. Sehingga antara pemerintah dan masyarakat bisa saling menyempurnakan.
“Kebijakan pemerintah bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dan masyarakat juga bisa mentaati dengan baik kebijakan yang keluarkan oleh pemerintah. Jika ada yang penyelewangan, silahkan laporkan,” tutup Sapardi. (SN-06)

×
Berita Terbaru Update