Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Budaya Literasi Anak, KKN-B Hamzar Bentuk TBK

Friday, August 28, 2020 | August 28, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T18:23:51Z

Salah satu Peserta KKN-B Hamzar Wanasaba bersama beberapa Anak-Anak Desa Lenek Baru sedang asyik membaca di pojok masjid

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Guna meningkatkan literasi dasar  anak-anak Desa Lenek Baru, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam  program Kuliah Kerja Nyata Bersama (KKN-B) Hamzar Wanasaba,   membentuk Taman Baca Keliling (TBK).

Ketua KKN-Bersama Hamzar bernama Zakiatul menjelaskan bahwa pembentukanTBK itu merupakan tindak lanjut dari hasil pengamatan yang mereka lakukan di desa setempat.
Menurutnya, hampir semua anak yang ada di desa itu, tidak memiliki kesibukan yang lebih edukatif selama ada di rumah, banyak dari mereka yang hanya berkumpul di pinggir jalan sambil bermain gadget.

"Setelah keliling-keliling kami menemukan banyak sekali yang sibuk sendiri memainkan gadget" ungkap Zakiatul. Jum'at, 28/08/2020.

Sakiatul menambahkan, TBK yang mereka bentuk itu tidak hanya sebagai tempat membaca buku, melainkan juga sebagai tempat kegiatan belajar-mengajar  yang ada di setiap dusun dengan jadwal  yang sudah ditentukan.

"Kami melaksanakan kegiatan ini dua kali seminggu yakni tiap hari Senin dan Selasa" ujarnya.
Dia menuturkan, motivasi KKN-B Hamzar membentuk TBK itu ialah untuk membangun budaya literasi anak-anak Lenek Baru. Makanya, prioritas sasarannya ialah anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar.

"Ini khusus untuk adik-adik kita dulu, mengingat pentingnya pondasi yang kuat dalam membaca" kata dia.

Perlu diketahui bahwa  KKN-B hamzar itu merupakan kelompok KKN  yang berasal dari dua Perguruan Tinggi yang berbeda, yaitu  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzar dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamzar  Wanasaba, kabupaten Lombok Timur. (SN.05)

×
Berita Terbaru Update