Notification

×

Iklan

Iklan

Lapas Selong Gandeng PMI Lotim Gelar Donor Darah

Friday, April 9, 2021 | April 09, 2021 WIB Last Updated 2021-04-10T04:41:00Z

Foto: Kegiatan donor darah di Lapas Kelas IIB Selong

 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-57 serta sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan, Lapas Kelas IIB Selong bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Lombok Timur melaksanakan kegiatan donor darah yang melibatkan petugas dan warga binaan pemasyarakatan (WBP), pada Jum'at, 09 Aprili 2021.


Kepala Lapas Selong, Purniawal mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung di Aula tengah Lapas, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. 


"Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial Lapas Selong kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan," harapnya. 


Kegiatan ini,  katanya, juga sebagai wujud pembinaan kepribadian bagi WBP Lapas Selong agar memiliki rasa sosial kemanusiaan, di samping untuk membantu PMI Lombok Timur dalam menyediakan stock darah kepada masyarakat yang membutuhkan atau rumah sakit yang tersebar di Lombok Timur, terlebih di masa pandemi covid-19.


Adapun warga binaan yang melakukan donor darah, lanjut Purniawal ialah sebanyak, 35 Orang. "Ada 35 orang yang donor," imbuhnya. 


Ditambahkan salah satu petugas PMI Lotim,  Rizanul Ahwan bahwa dengan mendonorkan darahnya, maka, seseorang paling tidak akan tahu kondisi kesehatannya


Kenapa? Karena sebelum melakukan donor darah, tim medis akan terlebih dahulu memeriksa kondisi kesehatan orang tersebut. 


"Kegiatan donor darah bisa dilakukan kapan saja selagi kondisi fisik sehat dan memenuhi syarat," ucapnya. 


Selain untuk membantu sesama, kata dia, kegiatan donor darah juga baik bagi kesehatan si pendonor itu sendiri, di samping membuat sirkulasi darah lebih baik. 


"Mendonor darah juga dapat membuat awet muda dan tentunya bernilai ibadah," tutupnya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update