Notification

×

Iklan

Iklan

Waduh, Batu Bertuliskan Aksara Brahmi di Desa Sapit Dijadikan Pondasi Rumah Oleh Warga

Wednesday, August 18, 2021 | August 18, 2021 WIB Last Updated 2021-08-18T15:56:55Z

Contoh Bebatuan Bertuliskan Aksara Brahmi yang ditemukan di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Lombok Timur


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Batu bertuliskan Aksara Brahmi  yang ditemukan di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur rupanya banyak dimanfaatkan untuk membuat bangunan pondasi rumah oleh warga setempat.


Hal itu diungkapkan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Langgar Pusaka Desa Sapit, Jannatan Firdaus. Katanya, pasca penemuan batu dengan tulisan Aksara Brahmi itu, beberapa warga mengakui bahwa batu yang diduga merupakan bebatuan bersejarah tersebut dijadikan pondasi rumah.


"Pada waktu itu saya langsung mendatangi rumah tersebut guna mencari kebenarannya naman sudah ditembok dengan rapi jadi tidak bisa terdeteksi," ungkapnya. Rabu, 18/08/2021.


Hal itu terjadi, kata Jannatan, lantaran pemahaman masyarakat tentang situs-situs sejarah dan upaya pelestariannya masih tergolong kurang. "Tapi setelah kita kasih pemahaman baru masyarakat sadar," ucapnya.


Karena itulah, lanjut Jannatan, setelah memahami pentingnya benda-benda bersejarah, tiap warga yang menemukan benda aneh akan langsung melapor padanya.


Kata Jannatan, sampai saat ini, baru dua Batu kuno yang sudah dideteksi sementara yang lainnya belum ditemukan, karena masyarakat yang memberikan informasi tempat keberadaan batu tersebut tidak ikut pada saat melakukan pencarian.


"Informasinya batu kuno yang satunya lagi itu berada di aliran sungai perbatasan Desa Sapit dengan Desa Suela yang berada di samping pemandian Lemor," tutupnya. (Izi)

×
Berita Terbaru Update