Notification

×

Iklan

Iklan

Pindah ke Lombok Utara Diyakini Sebagai Opsi Terbaik Bagi Masyarakat Sembalun

Thursday, November 25, 2021 | November 25, 2021 WIB Last Updated 2021-11-25T04:37:15Z

Amrullah, Ketua Cabang AGRA Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur

 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Ketua Cabang Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Amrullah sangat yakin bahwa Kabupaten Lombok Utara jauh lebih baik bagi masyarakat Sembalun.


Hal itu ditegaskannya saat ditemui sejumlah wartawan di Taman Rinjani Selong sesaat sebelum melanjutkan aksi unjuk rasa di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lombok Timur.


"Kalau soal itu kami yakin bahwa Kabupaten Lombok Utara jauh lebih baik bagi masyarakat Sembalun," tegas Amrullah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan terkait statementnya saat orasi di depan Kantor Bupati Lombok Timur, pada Rabu, 24/11/2021, kemarin.


Apa yang disampaikan saat orasi itu, kata Amrullah, bukan gertakan atau semacam ancaman belaka, melainkan betul-betul akan diwujudkan. Bahkan, kata dia, pikiran untuk pindah ke Kabupaten Lombok Utara itu bukan sesuatu yang dibicarakan baru-baru ini, melainkan sudah dibicarakan jauh-jauh hari sebelumnya.


Apalagi, lanjutnya, dengan adanya persoalan konflik lahan yang muncul antara Masyarakat petani dan perusahaan akibat HGU yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur semakin memperkuat keinginan masyarakat Sembalun untuk segera angkat kaki dari Gumi Patuh Karya.


"Terkait soal pindah ke Kabupaten Lombok Utara itu sudah kita bahas satu tahun yang lalu, makanya kami akan segera berkumpul dan mengusulkannya lagi, apalagi dengan adanya kejadian ini semakin menyakiti hati kami," ujarnya sembari menegaskan bahwa rencana untuk hengkang dari Lombok Timur itu tidak berkaitan dengan isu konflik lahan yang terjadi di Sembalun saat ini.


"Iya terlepas dari isu ini, kami tetap akan pindah karena sudah pernah kita usulkan satu tahun lalu," ungkapnya.


Menurut dia, dari segi budaya, masyarakat Sembalun lebih banyak kesamaan dengan masyarakat Lombok Utara daripada Lombok Timur. Karena itu, Ia yakin bahwa masyarakat akan mudah menerima usulan untuk pindah Kabupaten tersebut.


Tak hanya masyarakat petani, kata Amrullah, satu Kecamatan Sembalun akan ikut pindah ke Lombok Utara, sebagaimana yang telah diusulkan sebelumnya. Selain karena aksesnya lebih dekat, kata dia, Kabupaten Lombok Utara juga dinilai lebih responsif terhadap persoalan warga.


Ia mencontohkannya dengan Rumah Sakit, katanya masyarakat Sembalun lebih senang berobat ke Lombok Utara daripada ke Lombok Timur. Pasalnya, lanjut Amrullah, di samping aksesnya lebih dekat juga karena pelayannya lebih ramah.


Di Lombok Timur ini, menurutnya terlalu banyak orang pintar yang memainkan hak rakyat, terutama petani yang ada di Kecamatan Sembalun. Sehingga, berganti Kabupaten dinilai menjadi opsi terbaik jika ingin merubah masa depan mereka. (Yns)

×
Berita Terbaru Update