Notification

×

Iklan

Iklan

Tegas! Bupati Sukiman Minta Penanganan Stunting di Lotim Butuh Gebrakan

Friday, May 13, 2022 | May 13, 2022 WIB Last Updated 2022-05-13T08:13:23Z


Lombok Timur, Selaparangnews.com -  Masalah stunting atau gagal tumbuh, angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) perlu mendapat perhatian khusus di kabupaten Lombok Timur. Karena itu perlu dilakukan secara terintegrasi dan lintas sektor.  


Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy pada kegiatan Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak dan Rakor TPPS yang berlangsung Kamis (12/5) menegaskan bahwa gagal tumbuh, AKI dan AKB merupakan masalah bersama, apalagi kondisi tersebut juga berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia (IPM). Karenanya harus ada gebrakan agar Lombok Timur tidak merosot ke posisi lebih bawah. 


“Jika tidak ada gebrakan atau gerakan, bisa jadi kita kembali menempati angka 9,” ujarnya.


Ia juga mengingatkan seluruh OPD terkait, camat, dan ormas yang hadir supaya meningkatkan kinerja sekaligus kerja sama,  “mari berikhtiar seoptimal mungkin dengan menyelesaikan semua indikator-indikator tersebut, pemerintah tidak akan bisa berjalan tanpa keikutsertaan semua komponen,” ajaknya.


Wakil Bupati H. Rumaksi Sj yang juga hadir pada kesempatan tersebut berharap seluruh tim yang terlibat dapat berkoordinasi dengan baik. Dengan koordinasi yang baik ia yakin persoalan tersebut dapat ditangani. “Jika tim berjalan, tentunya stunting bisa ditangani,” ungkapnya.


Berdasarkan pemaparan Kepala Dinas Kesehatan H. Pathurrahman, kasus gagal tumbuh di kabupaten Lombok Timur terus mengalami penurunan, mulai dari 26,45% tahun 2018 hingga semakin melandai menempati angka 18,13% di tahun 2021. Penurunan tersebut berkat penerapan konsep yang baik menyangkut gizi maupun nutrisi.


Pada kesempatan itu dipaparkan pula penyebab stunting, antara lain: pernikahan dini, pola asuh keluarga balita/asupan makanan balita tidak tepat, ibu hamil dan remaja putri kurang gizi, jaminan pelayanan kesehatan, serta kurangnya akses sanitasi dan air bersih oleh Kadis P3AKB H. Ahmad.


Pada Kegiatan yang berlangsung di Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur tersebut dilakukan penandatanganan komitmen bersama pendampingan konseling. Selain itu dilakukan pula pemeriksaan kesehatan tiga bulan pranikah sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu oleh camat dan KUA. (SN) 

×
Berita Terbaru Update