Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan PAUD di Lotim Kecipratan DAK Fisik Tahun 2022

Monday, June 6, 2022 | June 06, 2022 WIB Last Updated 2022-06-06T08:28:51Z

Pajri, S. Pd., Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dikbud Lotim

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Sebanyak 29 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Lombok Timur mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik di tahun 2022 ini. 


Hal itu dijelaskan Pajri, Kepala Bidang Pembina PAUD dan Pendidikan Non Formal pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur.


"Ya, DAK Fisik tahun 2022 ini kita dapat 29 TK (PAUD -Red), baik yang negeri maupun yang swasta" ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya. Senin, (06/06/2022).


Masing-masing PAUD itu, kata dia, mendapatkan item bantuan yang berbeda-beda, mulai dari rehabilitasi ruang kelas hingga pengadaan alat bermain bagi anak-anak peserta didik.


Adapun jumlah anggaran DAK Fisik yang didapatkan tahun ini, lanjut Pajri, ialah sebesar Rp. 3,4 Miliar. Mekanisme pengerjaannya dilakukan secara kontraktual oleh pihak Bidang PAUD. 


"Ya, lembaga terima jadi, termasuk yang APE (Alat Peraga Edukasi) itu," imbuhnya.


Sebenarnya, kata Pajri, pihaknya mengusulkan ratusan Lembaga PAUD untuk mendapatkan bantuan DAK Fisik, namun yang lolos hanya 29.


Adapun PAUD yang 29 itu di antaranya adalah Taman Kanak-kanak Negeri (TKN) Pembina Selong, TKN Pembina Sukamulya, TKN Pembina Pringgabaya,  TK Al Mujahidin, TK PGRI 14 Masbagik,  TK Nusantara Indah, TK DW Suwangi, TK Tetebatu, TK Kalijaga, TK Darul Falah, TK DW Lendang Nangka, TK Aisyiah Labuhan Haji.


Selain itu juga ada TK Almajidiyah NW, TK Islam Riadholwalidain, TK Pertiwi Terara, TK PGRI 07 Aikmel, TK Giat Obel-Obel, TK Giat Al Fathir, TK Al. Istiqomah NW Suralaga, TK DW Wanasaba, TK Pertiwi Sikur, TK Aisyiah Suntalangu, TK al Abror Kesik, TK Asyifa Aik Anyar, TK Haska Hafilah, TK DW Rensing, TK DW Suradadi, TK Asmaul husna NW Embung Raja, dan TK PGRI 13 Kilang.


Pajri mengatakan, tujuan DAK Fisik tahun ini memang didominasi oleh lembaga-lembaga swasta. Namun demikian, Ia optimis di tahun yang akan datang, banyak TK Negeri yang akan mendapatkan bantuan tersebut mengingat banyak di antara mereka yang sudah memiliki kejelasan status tanah tempatnya membangun. 


"InsyaAllah di tahun yang akan datang akan lebih banyak yang dapat karena rata-rata mereka sudah punya kejelasan status lokasi," ucapnya. 


Kepada para pengurus lembaga yang mendapatkan bantuan tersebut, Ia berharap supaya hal itu dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung laju perkembangan dan peningkatan SDM di Kabupaten Lombok Timur. 


"Kita juga berharap apa yang sudah didapatkan itu dilakukan pemeliharaan," pungkasnya. (Yns)


×
Berita Terbaru Update