Notification

×

Iklan

Iklan

Tahun 2023 Mendatang Pemkab Lotim Bakal Fokus Dengan Hal Ini, Apa Saja?

Monday, July 18, 2022 | July 18, 2022 WIB Last Updated 2022-07-18T10:31:12Z

H. Hasni, Kepala BPKAD Kabupaten Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Menyesuaikan arah kebijakan dan pembangunan nasional juga provinsi NTB, tema dan fokus prioritas kerja Pemda Kabupaten Lombok Timur Tahun 2023 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produktivitas sektor unggulan daerah untuk transformasi ekonomi yang inklusif dengan lima fokus prioritas pembangunan. 


Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah H. Hasni yang menjadi Inspektur pada apel bulanan ASN Timur Lombok, Senin (18/07/2022).


"Fokus pertama ialah meningkatkan profesionalisme aparatur dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan peningkatan PAD," ujarnya.


Fokus kedua, lanjut Hasni, ialah percepatan peningkatan IPM melalui peningkatan angka harapan hidup, penurunan angka stunting dan penurunan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah, serta peningkatan pengeluaran per-kapita. 


Fokus selanjutnya, kata dia, adalah percepatan penurunan angka kemiskinan, kemudian dilanjutkan dengan fokus berikutnya yakni peningkatan pembangunan infrastruktur wilayah secara berimbang. 


"Yang terakhir adalah peningkatan pembangunan kehidupan keagamaan nilai sosial, budaya, dan toleransi masyarakat serta peningkatan partisipasi pembangunan perempuan dalam pembangunan, perlindungan anak dan peningkatan pembinaan kepemudaan," paparnya. 


Lebih lanjut Hasni menyampaikan laporan pertanggungjawaban APBD tahun 2021 sudah ditetapkan oleh DPRD dan sudah pula dievaluasi Pemprov.  


Selain itu disampaikan juga kinerja Pemda pada semester I yang diharapkan dapat ditingkatkan, khususnya bagi OPD dengan pencapaian masih di bawah 50 persen. 


Ia mengingatkan pimpinan OPD untuk menyusun laporan keuangan yang memadai dan melakukan input data secara teratur setiap pekan. "Hal tersebut ini berkaitan pemantauan progres setiap daerah oleh Kementerian Keuangan melalui sistem Satu Data," kata dia. 


Dijelaskan pula realisasi PAD Lombok Timur per 15 Juli kemarin tercapai sebesar 35,32 persen, sisi pajak daerah tercapai 34,69 persen, retribusi daerah tercapai 36,24 persen dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan tercapai 39,65 persen serta realisasi lain-lain PAD yang sah mencapai 34,84 persen. 


Sekda Kabupaten Lombok Timur M. Juaini Taofik yang turut hadir pada apel yang berlangsung di halaman kantor Bupati itu juga sempat menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ XXIX tingkat provinsi NTB di Lombok Timur beberapa waktu lalu.


Selain Sekda, apel ini diikuti pula Asisten Sekda, Staf ahli Bupati, dan jajaran pimpinan OPD serta ASN lingkup kabupaten Lombok Timur. (SN) 


×
Berita Terbaru Update