Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah dan Warga di Lombok Timur Kumpulkan Donasi Rp. 1 M Lebih Untuk Korban Gempa Cianjur

Saturday, December 10, 2022 | December 10, 2022 WIB Last Updated 2022-12-10T08:56:33Z

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy (tengah) saat konferensi pers hasil pengumpulan donasi dan teknis penyalurannya kepada korban gempa Cianjur di Ruang Rapat Bupati

SELAPARANGNEWS.COM - Pemerintah bersama masyarakat Lombok Timur hingga Jum'at, 9 Desember 2022 berhasil mengumpulkan tak kurang dari Rp. 1,246 miliar untuk membantu korban gempa Cianjur. Jumlah ini berasal dari OPD, kecamatan, dan masyarakat umum, termasuk lembaga swadaya masyarakat.


Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy saat temu pers pada Jumat (9/12) menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak termasuk ASN dan masyarakat, utamanya kecamatan Suralaga yang menyumbangkan Rp.119 juta lebih. 


Hal tersebut, ungkap Bupati, merupakan bentuk solidaritas. Apalagi Lombok Timur juga pernah mengalami hal serupa.


Sebelumnya, Bupati menyampaikan imbauan agar seluruh masjid di Lombok Timur dapat menyisihkan 10% sumbangan masyarakat untuk korban gempa cianjur. 


Akan tetapi karena tingginya solidaritas masyarakat Lombok Timur, tidak hanya 10 persen jumlah yang diserahkan bahkan ada yang mencapai 100 persen. 


Lebih lanjut, Bupati menyatakan dari Rp. 1. 246 miliar tersebut akan diserahkan Rp.1,1 miliar kepada Pemda Cianjur, sementara sisanya akan diberikan untuk penangan trauma pasca gempa atau trauma healing melalui lembaga sosial yang menangani hal tersebut.


Berbeda dengan pemerintah provinsi NTB yang menyerahkan bantuan berupa barang atau bantuan makanan, Pemda Lombok Timur, tegas Bupati Sukiman, akan menyerahkan dalam bentuk dana. 


Keputusan tersebut diambil berdasarkan pengalaman Lombok Timur menghadapi gempa beberapa tahun silam. 


Pemerintah dan masyarakat setempatlah yang lebih memahami apa yang dibutuhkan. Karena itu bantuan dalam bentuk dana tunai dinilai lebih tepat. 


Selain itu, Bupati juga mengirim sejumlah pimpinan OPD agar dapat berbagi pengalaman untuk penanganan pasca gempa. (SN) 

×
Berita Terbaru Update