Notification

×

Iklan

Iklan

Batik Sasambo SMKN 5 Mataram Menginspirasi Malaysia Ciptakan Corak Batik Sendiri

Friday, January 20, 2023 | January 20, 2023 WIB Last Updated 2023-01-20T09:32:17Z

Salah satu pengrajin yang merupakan Alumni SMK NEGERI 5 Mataram sedang membuat Batik Tulis Parapin

SELAPARANGNEWS.COM - Batik Sasambo (Sasak, Samawa, Mbojo) yang merupakan karya asli BLUD Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ternyata telah menginspirasi negeri tetangga Malaysia untuk menciptakan corak Batiknya sendiri. 


Hal itu diungkapkan Kepala SMK Negeri 5 Mataram H. Istiqlal belum lama ini kepada Wartawan. Katanya, Batik yang dibuat Malaysia itu dinamai Batik Sabindo (Sabah Indonesia) yang menggunakan dua corak motif bunga yaitu bunga Raya atau Bunga Sepatu yang ada di mata uang negara Malaysia dan bunga Melati dari Indonesia serta kapal Pinisi.


"Itu corak motif yang dikembangkan oleh Malaysia," ucap Istiqlal. Jum'at, (20/01/2023). 


Batik Sasambo yang ditelurkan SMK Negeri 5 Mataram itu tidak hanya menginspirasi Malaysia untuk membuat corak batik sendiri. SMKN 5 Mataram juga memberikan pelatihan kepada mereka. 


Pelatihannya pun, kata dia, langsung dilakukan di RPS (Ruang Praktik Siswa) SMK Negeri 5 Kota Mataram. "Dan pelatihannya pun di sini, jadi guru-guru kita di Malaysia, dia berlatih ke sini," ucapnya. 


Sebenarnya, kata Istiqlal, banyak pelatihan membatik dari Solo dan Jawa yang didatangkan oleh Yayasan Sabah, tapi ketika jadi produk itu diakui sebagai hasil batik mereka untuk dijual ke Singapore.


Istiqlal menyebutkan, pada tahun 2022, BLUD SMK Negeri 5 Kota Mataram meraup omzet sebesar Rp. 1 Milliar 18 Juta, yang mana sebagian besarnya bersumber dari Batik tersebut. 


Saat ini Batik Sasambo sudah dipesan oleh berbagai kalangan di Kota Mataram, seperti sekolah dan juga instansi-instansi pemerintah. "Lihat saja ini banyak pesanan yang sudah masuk, dari BPK 180 potong, dari MKKS itu 100 potong dan kantor-kantor pemerintah juga banyak yang sudah pesan," sebutnya. 


Meskipun ada 12 Jurusan di SMKN 5 Mataram, sambungnya, tetapi yang menjadi core andalan itu adalah core ekonomi kreatif dalam bidang tekstil dengan Batik Sasambo sebagai produk unggulannya.


Sampai sejauh ini, kata dia, Batik Sasambo yang merupakan produk orisinil SMK Negeri 5 Mataram itu sudah menyentuh Pasar Internasional. Disebut orisinil karena motif batik Sasambo lepas dari motif batik Jawa, tetapi murni menggunakan motif khasnya NTB, seperti Lumbung, Umalengge, Mata Sapi, Ares, Kangkung, dan lain-lain. 


"Kita itu betul-betul terlepas dari corak motif Batik Jawa, kita lebih bebas, tapi tetap ada unsur Sasak, Samawa dan Mbojo nya," jelas Istiqlal. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update