Notification

×

Iklan

Iklan

Rekruitmen Panwaslu Kelurahan/Desa di Lotim Diserbu Ribuan Pendaftar

Saturday, January 21, 2023 | January 21, 2023 WIB Last Updated 2023-01-21T07:30:24Z

Dr. Retno Sirnopati M.Hum, Ketua Bawaslu Kabupaten Lombok Timur

SELAPARANGNEWS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur melalui Panwaslu Kecamatan resmi membuka Rekruitmen Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa pada 14 hingga 19 Januari 2023 lalu. 


Hingga tanggal 19 Januari, jumlah pendaftar yang diterima Bawaslu berdasarkan laporan masing-masing Panwaslu Kecamatan ialah ssebanyak 1.145 Orang. 

"Untuk total keseluruhan pendaftar calon panwaslu Kelurahan/Desa ini sebanyak 1.145 Orang, yang terdiri dari 827 orang laki-laki dan
318 orang perempuan," Ungkap Ketua Bawaslu Lombok Timur Dr. Retno Sirnopati, M.Hum. Sabtu, (21/01/2023).

Namun jika jumlah keterlibatan perempuan yang kurang dari 30% kebutuhan, maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran. Bukan hanya perempuan, laki-laki juga boleh, tetapi perpanjangan ini diprioritaskan untuk perempuan.

"Kalau masa perpanjangan ini, tetap dia untuk perempuan dan laki-laki, tetapi sekali lagi karena persentase perempuan yang kurang." tegasnya.

Lebih jauh dijelaskan, untuk rekrutmen pengawas lapangan ini tidak menggunakan tes tulis melainkan hanya tes wawancara. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan persentase dan penilaian yang dilakukan oleh pewawancara, agar ada pedoman bagi peserta untuk belajar.

"Itu sudah ada pedomannya persentase dari penilaian itu ada 5 item yang menjadi penilaian, masing-masing item itu sampai 20% seperti itu." pungkasnya. (Yns) 
×
Berita Terbaru Update