Notification

×

Iklan

Iklan

BUMIDA Berikan Kartu Asuransi Gratis Kepada Siswa dan Mahasiswa se-NTB

Thursday, February 16, 2023 | February 16, 2023 WIB Last Updated 2023-02-15T16:17:58Z

Kepala Cabang PT. Asuransi Umum Bumida 1967 Cabang Mataram Raman Muraza, SE., AAAI-K

SELAPARANGNEWS.COM - PT Asuransi Umum Bumida 1967 (BUMIDA) Cabang Mataram saat ini menyasar siswa dan Mahasiswa untuk diberikan asuransi. Pasalnya, asuransi tersebut memiliki manfaat luar biasa besar bagi siswa dan mahasiswa ketika terjadi sesuatu resiko kepada mereka. 


Selain itu, premi atau iurannya selama satu tahun sangat murah mulai dari Rp25 ribu/ tahun dan gratis kartu siswa dan mahasiswa, dimana kartu bisa juga dijadikan sebagai kartu identitas siswa maupun KTM bagi mahasiswa


Kepala Cabang PT. Asuransi Umum Bumida 1967 Cabang Mataram Raman Muraza, SE., AAAI-K mengatakan sebenarnya di Indonesia ini hampir 65 persen sudah masuk asuransi bumida. Sebab diperuntukkan untuk siswa maupun mahasiswa mulai dari tingkat sekolah paling dasar yaitu PAUD/TK sd tingkat kuliah.


‘’Kebetulan saya di amanatkan juga sebagai Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) region NTB. Salah satu tugasnya memberikan literasi, inklusi dan edukasi kepada masyarakat di NTB,’’ Ungkap Kepala Cabang PT. Asuransi Umum Bumida 1967 Cabang Mataram Raman Muraza, SE., AAAI-K.


Menurutnya, kesadaran asuransi ini penting sebab menyangkut kesejahteraan sosial serta kebermanfaatan jika sudah masuk asuransi. Seperti pendidikan yang layak, kesehatan itu semua bagian dari kesejahteraan.


‘’Kalau ada asuransi ini meminimalisir resiko. Apalagi kalau kita ketahui banyak orang sudah menabung kemudian habis tabungannya untuk berobat,’’ terangnya. 


Menurutnya, asuransi ini uang kecil dikeluarkan hanya 25 ribu per tahun untuk menanggung resiko yang besar. Artinya, asuransi ini bagian dari manajeman keuangan jangka panjang.


‘’Makanya, salah satu sasaran kita siswa dan mahasiswa supaya dekat dengan masyarakat,’’ jelasnya.


Selain itu, potensi bisnis asuransi di NTB sangat besar. Terlebih lagi, NTB merupakan daerah pariwisata yang menjadi peluang bagi bisnis asuransi. Oleh karena itu, BUMIDA sudah mulai mempersiapkan dan memetakan kekuatan kerja dan strategi untuk meraih potensi tersebut, utamanya memasuki tahun 2023.


Salah satu yang menjadi bidikan BUMIDA di NTB dinilai memiliki potensi besar adalah produk asuransi Siswaku dan Mahasiswaku dan juga asuransi property serta kendaraan bermotor (roda empat) termasuk asuransi kesehatan.


Dipaparkan lebih jauh, produk asuransi Siswaku dan Mahasiswaku ini peluangnya sangat besar bisa berkembang di NTB. Jumlah siswa dan mahasiswa di NTB sangat besar, namun masih sangat minim yang memanfaatkan asuransi tersebut. Padahal, manfaatnya luar biasa besar bagi siswa dan mahasiswa ketika terjadi sesuatu kepada mereka. Selain itu, premi atau iurannya selama satu tahun sangat murah hanya Rp 25 ribu dan sesuai dengan program yang diambil.


“Berbagai produk asuransi BUMIDA ini proses klaimnya sangat mudah dan cepat. Sudah banyak kejadian di NTB ini dan sudah kami berikan santunan tentu dengan adanya kartu dari BUMIDA,” terangnya.


Untuk diketahui, bahwa Asuransi kecelakaan diri penting dimiliki setiap orang karena kecelakaan bisa menimpa siapa saja. Asuransi kecelakaan diri merupakan proteksi yang disediakan perusahaan asuransi untuk melindungi kerugian finansial yang mungkin timbul jika tertanggung mengalami kecelakaan yang berakibat cacat total tetap atau meninggal dunia. Setidaknya ada tiga manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kecelakaan diri.


Dimana, Santunan kematian merupakan manfaat dasar yang pasti ditawarkan oleh semua asuransi kecelakaan diri. Dengan adanya manfaat ini, perusahaan asuransi akan memberikan santunan atau uang tunai kepada ahli waris yang ditinggalkan jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.


Perbedaan kedua produk ini terletak pada penyebab kematian yang menjadi syarat dicairkannya santunan. Pada asuransi jiwa, ahli waris akan menerima santunan atau uang pertanggungan jika tertanggung wafat karena sakit maupun kecelakaan. Sementara pada asuransi kecelakaan, santunan akan keluar jika tertanggung wafat karena kecelakaan.


Selanjutnya, ada Santunan cacat tetap yang disebabkan karena kecelakaan. Saat ini, beberapa perusahaan asuransi memiliki definisi yang spesifik tentang risiko cacat tetap. Secara garis besar, definisi risiko cacat tetap bisa digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu, Cacat tetap total, misalnya kehilangan penglihatan di kedua mata atau tidak berfungsinya kedua lengan. Tertanggung yang cacat tetap total karena kecelakaan akan menerima 100% santunan.


Cacat tetap sebagian, misalnya tidak berfungsinya sebagian anggota tubuh, misal lengan kiri atau sebelah kaki patah karena kecelakaan. Umumnya, cacat total sebagian akan memperoleh santunan proporsional terhadap total santunan. Misal, untuk lengan kanan yang cacat akibat kecelakaan akan memperoleh santunan 50% dari total santunan.


‘’Pada intinya, bahwa santunan ini bisa bermanfaat sebagai dana darurat atau pengganti penghasilan sementara bagi keluarga yang tertimpa musibah. Penggantian biaya pengobatan atau perawatan akibat kecelakaan,’’ pungkasnya. (SN)
 

×
Berita Terbaru Update