Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Lotim dan Pemprov NTB Bahas Rencana Bakti Stunting di Lombok Timur

Tuesday, May 16, 2023 | May 16, 2023 WIB Last Updated 2023-05-16T00:37:22Z

Pembahasan rencana kegiatan Bakti Stunting tingkat Kabupaten Lombok Timur bersama Pemerintah Provinsi NTB di Ruang Rapat Bupati Lombok Timur

SELAPARANGNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang diwakili langsung oleh Bupati HM. Sukiman Azmy bahas rencana kegiatan Bakti Stunting bersama Pemerintah Provinsi NTB, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten bidang Pemerintahan dan Bagian Kesra, Dinas Sosial dan Kepala Dinas Kesehatan. Senin, (15/05/2023), di Ruang Rapat Bupati.  


Bakti Stunting yang akan digelar tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi NTB dalam menurunkan angka stunting. Bakti stunting untuk wilayah Lombok Timur rencananya akan diluncurkan pada 22 Mei mendatang di Desa Lendang Nangka Utara, kecamatan Masbagik.


Bupati dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya penanganan stunting dari hulu, salah satunya dengan mencegah perkawinan usia anak yang masih banyak ditemui, termasuk di Lombok Timur. 


Ia melihat persoalan ini menjadi faktor risiko yang dapat melahirkan anak stunting, mengingat ketidaksiapan organ reproduksi, demikian pula dengan faktor psikologis calon ibu. 


Bupati meminta kegiatan itu tidak bersifat seremonial belaka, melainkan harus mampu mendorong kemandirian masyarakat dalam upaya pencegahan stunting.


Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov NTB menjelaskan bahwa bakti stunting menjadi program Pemprov NTB melalui pendampingan OPD yang fokus di satu kecamatan. Pendampingan dilakukan dengan melakukan intervensi dan dukungan seperti pemberian telur kepada balita stunting, termasuk yang berisiko, selama tiga bulan atau 90 hari. 


Selain itu akan dilakukan pula sosialisasi dan edukasi yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat guna mencegah bertambahnya kasus stunting di kemudian hari.


Bakti Stunting diharapkan menjadi kerja bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam upaya menurunkan angka stunting di NTB yang saat ini masih berada di angka 16,9% lebih. (SN) 

×
Berita Terbaru Update