Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa SMAIT Tunas Cendekia Harumkan Nama Baik NTB di Kancah Nasional

Saturday, May 27, 2023 | May 27, 2023 WIB Last Updated 2023-05-26T23:08:00Z

Dua orang siswa SMAIT Cendekia dengan Kasi kurikulum SMA Dikbud NTB dan para pembina

SELAPARANGNEWS.COM-Dua orang siswa SMAIT Tunas Cendekia Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil mengharumkan nama NTB dengan mengukir prestasi di kancah Nasional.


Dua orang tersebut bernama Muhammad Diya Ulhaq (Kelas XI MIPA) dan Alif Daffa Fadilah (Kelas X MIPA), berhasil menyabet Medali Perak dalam ajang final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) di bidang Robotika.


"Allhamdulillah berkat 2 orang siswa SMAIT Tunas cendekia ini lumayan mengharumkan nama baik NTB di level nasional" ungkap Purni Susanto kepala seksi kurikulum (kasi) SMA. Jum'at, (26/05/2023). 


SMAIT Tunas Cendekia Mataram ini adalah satu-satunya sekolah dari NTB yang berhasil melaju ke babak final setelah mengalahkan puluhan peserta lainnya di babak penyisihan pada 12 April 2023 lalu.


"Hanya 20 sekolah dari berbagai daerah di Indonesia yang dinyatakan lolos ke babak final. Laga final ini berlangsung tanggal 19 – 21 Mei 2023 di kampus FMIPA Universitas Indonesia" paparnya lagi. 


Pada hari pertama kegiatan lanjutnya Purni dimulai dengan workshop pembekalan khusus peserta final yang bertema "AI For Humanoid Robot" Namun ada beberapa Poin-poin yang dibahas selama kegiatan workshop


"Yang pertama cara menghubungkan robot ke laptop, dan kedua cara mengoperasikan robot, serta perintah-perintah yang digunakan dalam Kecakapan peserta dalam mengoperasikan robot didukung oleh kemampuan dasar bahasa pemrograman yang sudah diasah di sekolah" jelasnya. 


Pada partai Final ini berlangsung pada tanggal 20 Mei 2023 dan para Peserta dibagi menjadi dua sesi, dengan masing-masing sesi terdiri atas 2 bagian tes, yaitu pemrograman robot dan presentasi.


Pada bagian pertama, peserta diberikan waktu 120 menit untuk memprogram robot, kemudian ada 4 tantangan yang harus dilakukan oleh robot yang berhasil mereka buat.


Kemudian di bagian kedua, peserta mendemonstrasikan apakah robot yang sudah mereka program mampu melakukan tantangan-tantangan yang diberikan juri, sembari mempresentasikan baris program yang mereka gunakan. Dengan pesaing dari berbagai daerah, tim siswa SMAIT Tunas Cendekia Mataram berhasil meraih poin tertinggi ke-2. 


SMAIT Tunas Cendekia Mataram merupakan sekolah swasta Islam yang memiliki program-program unggulan, seperti Riset dan Robotika. 


Program Riset dan Robotika ini adalah kurikulum intrakurikuler khas yang wajib diberikan kepada seluruh siswa. 


"Jadi, selain pembinaan Alqur'an dan Akhlak yang menjadi _core_ utama pendidikan di sekolah Islam SMAIT Tunas Cendekia Mataram, para siswa juga dibekali dengan kompetensi riset dan robotika selama bersekolah di sana" paparnya lebih jauh 


Oleh karna itu kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, sangat mengapresiasi dan siap mendukung upaya sekolah agar terus memupuk semangat kompetisi siswa agar memiliki mental petarung untuk menenangkan masa depan melalui media berbagai kompetisi yang ada.


"Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk terus berprestasi" tutupnya. (izi)

×
Berita Terbaru Update