Notification

×

Iklan

Iklan

Patut Ditiru! Ekskul Pencinta Alam SMAN 1 Suela Bersihkan Sampah Kontingen Pawai Alegoris

Friday, August 18, 2023 | August 18, 2023 WIB Last Updated 2023-08-18T14:46:32Z

Anggota Ekskul Pencinta Alam SMAN 1 Suela memungut sampah 

SELAPARANGNEWS.COM - Ekstrakurikuler Pencinta Alama (PA) Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur melakukan aksi bersih-bersih sampah yang dibuang para Kontingen Pawai alegoris yang digelar Pemerintah Kecamatan dalam menyambut HUT RI ke 78.


Di tengah kemeriahan masyarakat yang merayakan hari kemerdekan tentunya akan banyak sampah plastik yang berserakan yang tidak sempat dipungut oleh masyarakat.


Oleh karena itu, Azhar Pawadi selaku pelatih dari Ekstrakurikuler PA SMAN 1 Suela berinisiatif untuk mengajak semua anggota PA untuk ikut terlibat dalam perayaan pawai alegoris tersebut.


Namun bukan menjadi peserta Pawai, melainkan sebagai pelindung masyarakat dari penyakit yang diakibatkan oleh banyaknya sampah yang berserakan di jalanan.


"Kalau di tempat ramai seperti ini kan tentunya banyak sampah yang berserakan di tengah jalan seperti sampah plastik bekas air mineral, sampah plastik bekas air es dan sampah plastik lainya dan itu bisa saja mengakibatkan orang jatuh karena terpleset," ungkapnya dikonfirmasi di sela-sela kesibukannya memungut sampah di jalan raya arah menuju Pringgabaya. Jumat, (18/08/2023). 


Oleh karena itu, kata aktivis GEMPAR itu melanjutkan, Pencinta Alam SMAN 1 Suela mengambil barisan paling belakang dalam pawai alegoris.


"Makanya kita tidak mengambil nomor urut peserta dan kita mengambil barisan paling belakang karena kita tidak ingin mengganggu jalannya pawai," terangnya. 


Di tempat yang sama, Lalu Eza Hutama, Pembina dari Ekstrakurikuler Pencinta Alam SMAN 1 Suela mengungkapkan tujuannya mengajak Siswa yang mengambil ekstra PA tersebut guna menanamkan rasa tanggungjawab dan kepedulian kita terhadap alam.


"Ini merupakan salah satu bentuk program kita untuk menanamkan rasa kecintaan, dan kepedulian kita terhadap alam," ujarnya. 


Untuk itu lanjut pria yang akrab dipanggi Eza itu, di tengah semaraknya acara ini para siswa kami hanya minta mengunakan baju seragam Pencinta Alam dan membawa karung kita jadikan tepat menaruh sampah yang kita pungut.


"Untuk itu dari sebelum hari pelaksanaan Pawai saya hanya minta semua anggota Ekskul Binaan saya untuk menggunakan baju seragam baju PAnya dan beberapa saya minta membawa karung," tutupnya. (Izi)

×
Berita Terbaru Update