Notification

×

Iklan

Iklan

Lansia Asal Semoyang Praya Meninggal Saat Mendaki di Gunung Rinjani

Sunday, October 29, 2023 | October 29, 2023 WIB Last Updated 2023-10-29T02:54:03Z

 Korban setelah dievakuasi ke puskesmas oleh tim rescue BTNGR

SELAPARANGNEWS.COM - Seorang Lansia inisial ALD, laki-laki 66 Tahun meninggal dunia saat melakukan pendakian di Gunung Rinjani, Sabtu kemarin, 28 Oktober 2023. Informasi itu disampaikan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) melalui akun instagram btn_gn_rinjani. Minggu, (29/10/2023). 


Disebutkan bahwa BTNGR menerima laporan dari seorang Guide ada pendaki meninggal dunia di sekitar lokasi Banyu Urip dan  dibawa turun sampai lokasi Kebun Jeruk Jalur wisata  pendakian Torean dibantu oleh Guide dan kedua rekan pendaki tersebut.


Menurut informasi, lanjut sumber yang sama menyebutkan, korban terlihat kelelahan saat berjalan, lalu duduk sebentar, dan langsung meninggal di tempat. 


"Korban atas nama inisial (Ald) 66 tahun Warga Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah," tulis BTNGR lewat akun instagramnya. 


Setelah mendapat informasi tersebut dan melakukan koordinasi, sekitar pukul 12.00 WITA Tim Rescue TNGR berangkat bersama 6 orang porter dan 1 orang tenaga medis untuk melakukan penjemputan.


Tim tiba di Pos Birisan Nangka sekitar pukul 13.30 WITA ,dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke lokasi Kebun Jeruk. Sekitar pukul 18.30 WITA, tim evakuasi bersama korban tiba di Desa Torean dan selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Senaru


Setibanya di Puskesmas Senaru sekitar Pukul 19.21 WITA, korban langsung dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis. Dan sekitar pukul 20.05 WITA selanjutnya dilakukan serah terima korban oleh pihak TNGR kepada Pihak Keluarga untuk dibawa ke rumah duka. 


Femi keamanan, kenyamanan dan keselamatan bersama, BTNGR mengimbau kepada para pendaki agar tetap memperhatikan dan mengikuti SOP pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani. Selalu gunakan kelengkapan pendakian yang memadai, membawa cukup persediaan logistik, dan ketika dirasa kelelahan jangan memaksakan diri utk melanjutkan perjalanan.


"Istirahat sejenak untuk mengisi tenaga dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Karena tujuan yang sesungguhnya ketika mendaki adalah kembali pulang ke rumah, lalu berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tersayang," pungkasnya. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update