Notification

×

Iklan

Iklan

Tenang-Tenang, Pj. Bupati Lotim Tegaskan Honor GTT Dibayarkan Sesuai Standar

Tuesday, December 12, 2023 | December 12, 2023 WIB Last Updated 2023-12-12T12:15:41Z

Pj. Bupati Lombok Timur Drs. H.M. Juaini Taofik menggelar rapat terbatas bersama Pj. Sekretaris Daerah, Asisten Bidang Administrasi Umum, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bersama jajarannya.

SELAPARANGNEWS.COM - Menyusul keluhan Guru Tidak Tetap (GTT) terkait rasionalisasi honor yang diterima, Pj. Bupati Lombok Timur menggelar rapat terbatas bersama Pj. Sekretaris Daerah, Asisten Bidang Administrasi Umum, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bersama jajarannya.


Pada rapat yang berlangsung di ruang kerjanya itu, Pj. Bupati H. Muhammad Juaini Taofik menegaskan bahwa Pemerintah tidak akan mengurangi jumlah standar yang seharusnya diterima para GTT tersebut. 


“Bukan soal besar kecilnya, tetapi sebagai bentuk penghargaan kepada para GTT yang membantu proses belajar mengajar di sekolah itu, tidak boleh dikurangi,” jelasnya. Selasa, (12/012/2023). 


Akan tetapi honor GTT yang bersumber dari dana APBD ini akan dibayarkan selama tiga bulan terlebih dahulu, untuk kemudian sisanya sebanyak dua bulan akan dibayarkan melalui APBD 2024 dan dibayarkan di awal tahun. 


“Terima dulu honor tiga bulan, tetapi honor yang dua bulan akan kami bayarkan di awal tahun 2024,” pesannya. 


Ia meminta persoalan tersebut dapat segera dituntaskan. Dijelaskan Kepala Dinas Dikbud Izzuddin, tahun 2023 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengaalokasikan Rp.12.271 miliar lebih melalui dana APBD Lombok Timur untuk membayar honor 1.699 GTT dan 1.001 insentif sekolah swasta. 


Akan tetapi ada perubahan status (migrasi) sekolah swasta (TK) menjadi sekolah negeri dan sekolah yang dana BOSnya di bawah Rp. 50 juta yang harus dibayarkan, atau terdapat penambahan mencapai 642 orang sehingga terdapat kekurangan sebesar Rp. 1,2 miliar. 


Itulah yang menjadi alasan dilakukannya rasionalisasi. Namun begitu, sesuai hasil rapat ia berkomitmen untuk segera menuntaskan pembayaran honor sesuai standar dan jumlah yang telah ditetapkan di awal. (SN/PKP Lotim) 

×
Berita Terbaru Update