Notification

×

Iklan

Iklan

Paus Ukuran Jumbo Terdampar di Pantai Mbang Mbangan Pringgabaya Utara Berhasil Dievakuasi

Wednesday, March 6, 2024 | March 06, 2024 WIB Last Updated 2024-03-06T14:18:38Z

Penampakan Paus terdampar di Pantai Mbang Mbangan Desa Pringgabaya Utara saat dievakuasi ke tengah laut

SELAPARANGNEWS.COM - Seekor Paus berukuran besar ditemukan terdampar di Pantai Mbang-Mbangan Desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Paus yang diperkirakan berukuran 10 hingga 15 meter itu akhirnya berhasil dievakuasi setelah terdampar selama satu malam di pantai tersebut. 



Salah satu warga setempat bernama Amak Alpan menuturkan, Paus itu pertama kali ditemukan terdampar oleh pemancing dari desa setempat pada Selasa malam kemarin, 5 Maret 2024, sekitar pukul 23:00 wita lantaran menyemburkan air. 


Penasaran lihat semburan air yang cukup keras, dia mendatangi lokasinya dan melihat bahwa ada seekor paus terdampar di sana dan bergegas menghubungi pemerintah Desa. 


"Alhamdulillah setelah melewati proses yang cukup lama, dari tadi malam akhirnya pagi ini bisa dievakuasi ke tengah laut," tuturnya. 


Sementara itu, Kasat Polairud Polres Lombok Timur AKP. Sudarman yang sempat mendatangi pantai tersebut menjelaskan bahwa pihaknya bersama Basarnas, TNI-Polri, Masyarakat dan nelayan bersyukur bisa segera melakukan evakuasi. Ia khawatir jika tidak segera dievakuasi kemungkinan bisa dijadikan santapan oleh masyarakat. 


Kendati demikian, Ia meyakini bahwa masyarakat dan nelayan setempat tahu dan paham soal aturan di mana Paus dan sejumlah biota laut lainnya seperti Penyu dan Kerang Kima adalah termasuk hewan yang dilindungi. 


"Alhamdulillah hal itu tidak sampai terjadi, saya yakin masyarakat dan nelayan di sini paham kalau paus itu hewan yang dilindungi," ujarnya. 


Ia menduga bahwa Paus itu terdampar di Pantai Mbang Mbangan Pringgabaya Utara lantaran trauma atau ketakutan akibat diburu orang. Hal itu menurut dia bisa dilihat dari kondisi Paus yang mengalami luka lecet di sejumlah titik tubuhnya. 


"Kalau berkelahi seperti tidak ya, karena hampir tidak ada paus yang berkelahi, mungkin karena diburu di wilayah timur sana, kemudian lari ke sini," pungkasnya. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update