Notification

×

Iklan

Iklan

Pemuda di Lombok Timur Deklarasikan Gerakan Pemuda Sasak Bersatu

Thursday, March 28, 2024 | March 28, 2024 WIB Last Updated 2024-03-28T00:53:36Z

Deklarasi Gerakan Pemuda Sasak Bersatu

SELAPARANGNEWS.COM - Sejumlah pemuda di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaunching sebuah organisasi kepemudaan dan pengkaderan bernama Gerakan Pemuda Sasak (GPS) Bersatu. 


GPS Bersatu resmi mendeklarasikan dirinya sebagai organisasi kepemudaan dan pengkaderan pada Rabu kemarin, 28 Maret 2024, di Selong, di mana Zaeni Hasyari sebagai pimpinan. 


Zaeni Hasyari merupakan salah satu aktivis yang juga mantan Ketua Umum HIMMAH NWDI Cabang Lombok Timur periode 2021-2023. Berbekal pengalaman itu, namanya cukup dikenal di kalangan masyarakat dan birokrasi.


Melalui siaran tertulis yang diterima media ini, Zaeni Hasyari mengatakan bahwa nama GPS Bersatu sebagai organisasi diambil dari salah satu lagu perjuangan Maulanasyaikh TGKH M. Zainuddin Abdul Madjid salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Pancor, NTB. 


"Dalam salah satu syairnya ada yang berbunyi "Hayya, Ganu Nasidana, Ya Fata Sasak Bi Indonesia (Mari, Nyanyikan Nasyid Kita, Hai Pemuda Sasak Indonesia )," kata dia menjelaskan.


Jadi, simpul Zaeni Hasyari, Kata Pemuda Sasak dalam lagu tersebut diambil sebagai spirit perjuangan para pahlawan dan akan selalu melekat di dalam setiap kader GPS Bersatu. 


Terkait waktu deklarasi, Zaeni menjelaskan bahwa agenda deklarasi sengaja dipilih pada malam kamis 17 Ramadhan 1445 H yang merupakan momentum yang tepat sebagai hari kelahiran GPS Bersatu mengingat tanggal 17 Ramadhan juga dikenal dengan peringatan Nuzulul Qur'an.


"Tujuan Deklarasi ini sebagai wujud kepedulian pemuda sasak dalam rangka mengawal demokrasi yang tetap berpegang teguh pada asas Pancasila dan UD 1945 yang berprinsip kebebasan atau persamaan, kedaulatan rakyat dan pemerintah yang terbuka serta bertanggung jawab," pungkasnya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update