Notification

×

Iklan

Iklan

379 Jenis Tanaman Ada Di Lemor, Misteri Pohon Mangga Terjawab

Wednesday, July 22, 2020 | July 22, 2020 WIB Last Updated 2021-04-19T16:34:14Z
Foto: Kebun Raya Lemor Kec. Suela 


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Siapa yang tidak tahu Kebun Raya Lemor (KRL) lazimnya disebut Lemor, banyak orang mengetahuinya hanya tempat pemandian semata tanpa ada sesuatu yang lebih menarik didalamnya, namun sangkaan tetap sangkaan, bahkan mungkin banyak yang belum tahu mengapa Kebun Raya Lemor banyak ditumbuhi Pohon mangga, mengapa tidak durian, apel, atau buah lainnya.

Edi Hamdani, S,P Kepala UPT Kebun Raya  menceritakan jika KRL tersebut awalnya adalah kebun Dinas Pertanian yang memang menyiapkan komoditas mangga saat itu, seiring berjalannya waktu, dan Lemor beralih menjadi Kebun Raya, pohon mangga yang menjuntai dan tumbuh subur dihajatkan sebagai naungan sementara untuk semua orang yang ingin berteduh, sembari menunggu tanaman koleksi tumbuh dan besar.

“Sebenarnya ini adalah kebun Dinas Pertanian, kebetulan Dinas Pertanian komoditasnya mangga, seiring waktu pengalihan lahan mejadi areal kebun raya, mangganya masih ada dan kita manfaatkan sebagai naungan sementara, dan kalau tanaman koleksi, sudah mulai tumbuh besar mangganya akan kita kurangi,’’ paparnya. Selasa (21/07/2020)

Edi melanjutkan, jika tanaman koleksi sampai 2020 ini sudah mencapai 379 jenis tanaman, seperti halnya, Anggrek, Begonia, Durian Gundul, dan sebagainya. “Tanaman koleksi yang ada di kebun raya Lemor sampai tahun 2020 ini sudah 379 jenis, diantaranya adalah Anggrek, Begonia, Durian Gundul, dan sebagainya. Adapun spesimen yang sudah tertanam di Kebun Raya itu kurang lebih 1720 spesimen,” sebutnya

Ia pun kembali menuturkan, dari lahan seluas 124,9 hektar sesuai SK Bupati, baru 20 Hektar yang mampu dikelola dengan 4 jumlah bangunan koleksi yakni, taman tematik anggrek, taman tematik pendidikan, taman tematik buah lokal dan taman tematik pewarna alami.

“Dari 124,9 hektar luas arel kebun raya, baru 20 hektar yang bisa kami kelola” tutupnya. (CR.SN-09)

×
Berita Terbaru Update