Notification

×

Iklan

Iklan

Percikan Semangat Kemerdekaan, Pemerintah Kecamatan Sikur Lotim Gelar Apel Di Kantor Camat

Monday, August 17, 2020 | August 17, 2020 WIB Last Updated 2021-04-13T09:58:54Z
Foto: Danramil 09/Sikur Kapten Inf. Keman (kiri), Lalu Putra, Camat Sikur (tengah), Iptu Ery Armunanto, SH, Kapolsek Sikur (Kanan)

Lombok Timur, Selaparangnews.com – Memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, Pemerintah Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur menggelar apel di halaman kantor kecamatan. “Walapun dalam keadaan pandemi, kita harus tetap memeriahkan,” tandas Lalu Putra, Kepala Camat Sikur saat ditemui selesai upacara. Senin, (17/8/20).

Acara tersebut, dihadiri juga oleh Kapolsek Sikur Iptu Ery Armunanto, SH, Danramil 09/Sikur Kapten Inf. Keman, dan peserta dari Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Kecamatan Sikur Dinas Pendidikan Lombok Timur serta perwakilan dari guru yang ada di wilayah Kecamatan Sikur.

Lalu Putra menjelaskan jika pelaksanaan apel kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya digelar di lapangan. Sebab, dampak dari pandemi Covid-19 yang masih mewabah, untuk itulah apel kali ini di gelar dengan peserta yang terbatas.

“Kita tetap menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 dalam apel kali ini, Tentu peserta yang hadir diwajibkan untuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, cek suhu tubuh sebelum memasuki tempat apel dan jaga jarak antara satu peserta dengan peserta yang lainnya” Tutur Lalu Putra.

Adapun makna kemerdekaan menurut pria yang akrab disapa Miq Putra ini adalah, kesejahteraan masyarakat harus tetap terjaga, walaupun saat ini wabah pandemi Covid-19 masih menyerang. Semangat dan kemeriahan tentu tidak terlupakan. “Tapi yang lebih penting lagi bagaimana cara kita mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini,” tegas Lalu Putra.

Sesuai dengan amanat pidato dari Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E, M.Sc, ia menuturkan andil pemerintah saat ini untuk kesejahteraan masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19, yakni salah satunya dengan merangkul industri kecil, untuk pengadaan bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Gemilang.

“Banyak sekali potensi masyarakat kita yang menjadi acuan nasional saat ini,” ujarnya. Dirinya menghimbau kepada masyarakat khsusunya di Kecamatan Sikur agar tetap optimis dalam menggapai tema Indonesia Maju yang saat ini digalakkan oleh Presiden Indonesia.

Ia sangat mengapresiasi produk-produk lokal industri dari pelaku usaha mikro di Kecamatan Sikur, seperti sentral kerajinan di Desa Loyok, penyulingan cengkeh di Desa Tetebatu Selatan, dan banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan oleh masyarakat Sikur, imbuh Lalu Putra.

Senada dengan hal itu, Kapolsek Sikur Iptu Ery Armunanto, SH juga menegaskan hal yang sama yakni wajib memeriahkan semangat HUT RI ke 75 saat ini. Walau dalam keadaan pandemi Covid-19, tapi semangat kebangsaan harus terus menerus dijayakan dengan tetap mentaati Prokes yang ada.

“Semangat kemerdekaan dan semangat kebangsaan harus kita gairahkan, tapi tetap dalam koridor Prokes pencegahan Covid-19,” tegasnya.

Iptu Ery berharap dengan kondisi yang serba kurang saat ini, masyarakat harus tetap menjaga persatuan dan kebangsaan dalam simbol ke Indonesiaan. Kendati acara berlangsung dengan sederhana, tapi tidak menyurutkan semangat kemerdekaan.

“Mungkin apel saat ini dirasakan beda karena pandemi, tapi terkadang disanalah kita bisa mengartikan makna sederhana tapi kita tetap merasa merdeka,” jelas Iptu Ery. (SN-06)
×
Berita Terbaru Update