|BreakingNews$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

Bumdes di Lotim Diminta Bentuk Bank Sampah di Masing-Masing Desa

Foto: H. Ashari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakatan Pemerintah Desa dan Pencatatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur fungsinya harus lebih diaktifkan untuk membangun perekonomian masyarakat Desa. Salah satu caranya ialah dengan membangun sinergitas untuk menyempurnakan program "zero waste" melalui pembangunan bank sampah di setiap Desa yang ada di Lotim.

"BUMDes ini harus berperan aktif ke depan untuk membangun perekonomian masyarakat di Desa, terlebih lagi perannya akan ditambah nantinya untuk membantu program zero waste berupa pembuatan bank sampah," kata H. Ashari selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Pencatatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Jum'at, 16/10/2020.

Total dari 955 Desa di seluruh NTB, terdapat 11 Desa yang belum memiliki BUMDes. Untuk itulah ia meminta agar seluruh Desa di Lotim, nantinya bisa menjalin kolaborasi. Baik dari pihak pemerintah maupun luar pemerintah. Hal itu penting nantinya, untuk mempertahakan ekonomi Desa terlebih lagi di masa pandemi Covid-19.

Lebih detil ia menjelaskan bahwa BUMDes wajib memiliki penjamin hukum yang diatur oleh Peraturan Desa (Perdes). Sebab kalau BUMDes tidak memiliki jaminan hukum yang jelas, maka BUMDes tersebut berkategori ilegal.

"239 Desa di Lotim yang sudah mempunyai BUMDes agar memiliki badan hukum berupa Perdes. Jika tidak ada Perdesnya maka itu ilegal," tuturnya.

Salah satu rencana yang akan Ashari lakukan yakni, membangun kolaborasi dengan pejabat lingkup lingkungan hidup NTB untuk membangun bank sampah di masing-masing Desa yang ada di Lotim. hal itu dilakukan untuk mendukung program "zero waste" yang telah berjalan di NTB saat ini.

Perlu diketahui bahwasanya program "zero waste" yang saat ini berjalan di kepemerintahan Zul-Rohmi akan berdampak nantinya ke masyarakat NTB dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itulah, berawal dari Desa nantinya Ashari mengharapkan sinergitas antara BUMDes dan penanggung jawab dari program "zero waste" bisa terjalin dengan baik ke depannya.

"Desa harus bisa bersinergi nantinya dengan Dinas Lingkungan Hidup, untuk membangun bank sampah dimasing-masing Desa yang ada di Lotim," sambungnya.

Hal tersebut ia lakukan semata-mata sebagai upaya membangun ekonomi Desa dari BUMDes itu sendiri. Hasil dari bank sampah itulah nantinya akan menjadi profit bagi Desa. Sehingga, sirkulasi keuntungan yang di hasilkan BUMDes melalui bank sampah tersebut, bisa kembali ke masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Madani Mukarom menjelaskan, peran penting pihak Desa untuk memaksimalkan program "zero waste" sangat dibutuhkan saat sekarang ini. Pasalnya, instrumen paling kecil pemerintah yakni berada di Desa.

"BUMDes harus mempunyai unit bank sampah nantinya untuk menyempurnakan program zero waste," ucapnya.

Pendampingan harus tetap intens dilaksanakan oleh pemerintah Desa, kata madani itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemahaman terhadap kebersihan lingkungan terutama persoalan sampah.

Adapun capainya sampai dengan saat ini 63% sampah yang tidak tertangani di NTB setelah adanya program "zero waste". Sisa itulah nantinya peran masyarakat Desa yang dalam hal ini BUMDes untuk mengelola bank sampah secara mandiri agar sampah tersebut bisa memberikan manfaat kepada Desa.

Sampai dengan saat ini terdapat 80% sampah ada di jalan, sungai dan laut. Sedangkan cita-cita dari Pemprov NTB melalui program "zero waste" agar 2023, sampah di NTB harus bisa tertangani 100%.

"Sampah tidak bisa dihilangkan tapi sampah itu nantinya akan dikelola dengan berbagai macam inovasi, itulah yang dinamakan zero waste," kata Madani. (fgr)

COMMENTS

Nama

Advertorial,28,BERITA,852,Bima,2,Breaking News,119,Daerah,379,Desa,80,Ekonomi & Infrastruktur,193,Headline,116,Hukrim,73,kata,1,Kata Aktivis,69,Kesehatan & Lingkungan,57,Lombok Barat,9,Lombok Tengah,16,Lombok Timur,717,Lombok Utara,2,Mataram,39,Nasional,53,NTB,6,Opini,7,Pariwisata,64,Parlemen,31,Pemerintahan,258,Pendidikan & Budaya,42,Pendidikan & Sosial,116,Pendopo,9,Ponpes,18,SN Channel,6,Sosok,5,Sospol,29,
ltr
item
Selaparang News: Bumdes di Lotim Diminta Bentuk Bank Sampah di Masing-Masing Desa
Bumdes di Lotim Diminta Bentuk Bank Sampah di Masing-Masing Desa
Lombok Timur, Selaparangnews.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur fungsinya harus lebih diaktifkan untuk me
https://1.bp.blogspot.com/-EYXztUqGUkg/X4meYtgILEI/AAAAAAAADTM/vDvUYoTXtGkOZb8ZizVz0hGNCdq7U9R-gCLcBGAsYHQ/w640-h360/WhatsApp%2BImage%2B2020-10-16%2Bat%2B19.45.43.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-EYXztUqGUkg/X4meYtgILEI/AAAAAAAADTM/vDvUYoTXtGkOZb8ZizVz0hGNCdq7U9R-gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/WhatsApp%2BImage%2B2020-10-16%2Bat%2B19.45.43.jpeg
Selaparang News
https://www.selaparangnews.com/2020/10/bumdes-di-lotim-diminta-bentuk-bank.html
https://www.selaparangnews.com/
https://www.selaparangnews.com/
https://www.selaparangnews.com/2020/10/bumdes-di-lotim-diminta-bentuk-bank.html
true
1693542523162445795
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content