Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Informasi Global Bagi Masa Depan Desa

Sabtu, 12 Desember 2020 | Desember 12, 2020 WIB Last Updated 2020-12-12T12:19:09Z

Nanda Intan Pertiwi

Opini - Desa Gelangsar merupakan salah satu Desa yang terletak di Kabupaten Lombok Barat tepatnya di dusun Lilir Utara Kecamatan Gunung sari. Desa Gelangsar telah mengatur manajemen desa sesuai dengan birokrasi yang ada dan juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga swadaya salah satunya lembaga swadaya yang bergerak dibidang keberdayaan.

Selain itu Pemerintah Desa juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di sekitaran kota Mataram baik itu Negeri maupun Swasta, diantaranya yaitu perguruan tinggi Unizar yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat dan perguruan tinggi 45 yang bergerak di bidang hukum masyarakat. 

Kemudian Desa Gelangsar juga pernah memperoleh beberapa penghargaan yang bersekala Provinsi maupun Nasional yaitu sebagai Desa pengelolaan anggaran terbaik di NTB. Desa Gelangsar merupakan salah satu Desa yang baru mekar yang memiliki kondisi geografis berada di pinggiran hutan akan tetapi sangat dekat dengan perkotaan hal ini yang menyebabkan masyarakat sangat cepat menerima informasi yang berasal dari kota bahkan terkadang masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi dari pada Pemerintah Desa. 

Terkaitnya dengan beberapa informasi terutama mengenai bantuan-bantuan yang asalnya dari pemerintah pusat Provinsi maupun Kabupaten Kota terkadang  masyarakat lebih cepat menerima informasi sebab ada beberapa masyarakat Desa yang bekerja di kota Mataram, ketika mereka mendapat informasi mengenai bantuan di kota maka mereka akan menceritakan mengenai bantuan-bantuan tersebut yang sudah di terima di kota akan tetapi belum ada di desa ketika mereka pulang.

Jadi dasarnya informasi-informasi itu cepat diterima masyarakat adalah informasi tersebut datang dari kota Mataram ke Desa Gelangsar karna memang letak desa ini lumayan dekat dengan kota  sehingga pemerintah Desa  harus mampu Mengakses dan mengimbangi gerak laju informasi baik lokal maupun regional yang datang dari kota ke Desa dan untuk mengimbangi itu maka pemerintah Desa harus cepat juga dalam melihat  peluang-peluang informasi yang ada sehingga bisa mereka kejar dan coba cari sehingga informasi itu tidak hanya sebatas masyarakat saja yang tau tetapi pemerintah desa pun harus  lebih dulu tahu mengenai informasi-informasi tersebut. 

Berkait dengan itu maka permasalahan ini kompleks, jadinya semua yang kaitannya dengan bantuan semua yang berkaitan dengan dana-dana yang ada tentu ada seimbang tidak dengan informasi tersebut dengan desa jadi Pemerintah Desa harus bisa harus proaktif senantiasa aktif dan mengakses informasi dari kecamatan, kabupaten kota, dan dari wilayah provinsi nah disitu peranan kepala desa sangat diperlukan agar proaktif.

Akan tetapi permasalahan Desa ini juga di sebabakan oleh masyarakat desa yang selalu ingin di samakan dengan masyarakat kota dari segi apapun sedangkan secara birokrasi antara desa dengan kota sangat berbeda bisa jadi kota lebih cepat untuk di proses dan desa agak sedikit terlambat seperti itulah kendala Pemerintah Desa di lapangan. 

Oleh: Nanda Intan Pertiwi

Mahasiswi Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram

×
Berita Terbaru Update