Notification

×

Iklan

Iklan

Perkuat Hafalan Santri, Diniyah Bait El Makmur Programkan Tasmi' Hafalan Sekali Duduk

Sunday, December 13, 2020 | December 13, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T14:44:45Z


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Diniyah Bait El Makmur yang ada di Desa Aikmel, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur memprogramkan Tasmi' Hafalan Al-Qur'an sekali duduk.

Pembina Diniyah Bait El Makmur Aikmel,  Eka Budiansyah mengungkapkan bahwa program hafalan itu dilaksanakan setiap Minggu pagi di mana masing-masing  santri diminta untuk menghafal 8-10 Juzz Al-Qur'an dalam sekali duduk  yang ditayangkan secara live melalui facebook.

Pendiri Diniyah Bait El Makmur itu menerangkan bahwa kegiatan tersebut penting dilakukan guna menginspirasi para Santri-Santriwati agar lebih giat dalam memperkuat hafalannya.

"Tentu tujuan dari program ini adalah untuk memperkuat hafalan para santri," ungkapnya. Sabtu, 11/12/2020.

Dia berharap, dengan program itu, para santri bisa dengan cepat menghafal 30 Juzz Al-Qur'an dalam sekali duduk.

"Untuk mencapai semua itulah saya bersama pembina yang lain memprogramkan hal ini," katanya.

Memasuki Minggu kelima ini, lanjutnya, santri yang akan Tasmi' hafalanya ialah santri dari Sumbawa. Santri tersebut akan membacakan Al-Qur'an dengan hafalan 8 Juzz dalam sekali duduk. 

"Minggu ini sudah memasuki pekan keempat. Pada hari minggu kemarin Santri  kita menghafal 10 Juzz dalam satu kali duduk dan pada pekan kelima Minggu ini santri yang berasal dari sumbawa akan menghafal 8 Juz dan akan ditayangkan secara live lewat facebook," jelasnya

Selain itu,  Ia juga mengungkapkan bahwa, selain memfokuskan santri dalam mengahafal Qur'an, pihak Diniyah Bait El Makmur juga memfokuskan supaya santri berahlak baik dan sopan. "Kita fokuskan pada kualitas bacaan dan ahklak," ujarnya.

Pria yang akrab dipangil Ustadz Eka itu menuturkan bahwa selama pengahafalan dilakukan, ada beberapa santri yang secara bergiliran menyimak bacaan yang sedang menghafal dan menghitung berapa kesalahannya.

"Setiap selesai hafalan 1 Juzz akan diberikan waktu istirahat sebentar dan dilanjutkan kembali dengan membaca Juzz selanjutnya," ujarnya. 

Bagi Santri yang terlalu banyak kesalahan, katanya,  akan diulang kembali, tapi tidak ditayangkan di Facebook.

Tidak lama lagi, lanjutnya, Diniyyah Bait El Makmur akan memasuki tahun ketiga. Dia berharap, nantinya, Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy bisa menghadiri acara tersebut. 

"Nanti dalam Milad Diniyah yang ketiga kita akan undang Bupati dan mudah-mudahan Bupati bisa menghadiri," tutupnya. (Izi)

×
Berita Terbaru Update