Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Pelajar SMKN 1 Pringgabaya Ikuti Pelatihan "Vena Energy Go To School"

Tuesday, December 22, 2020 | December 22, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T18:48:25Z

Foto: Puluhan Siswa-Siswi SMKN 1 Pringgabaya Ikuti Program Pelatihan Vena Go To School bersama PT. Infrastruktur Terbarukan Adhiguna


Lombok timur, Selaparangnews.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur merekomendasikan sebanyak 35 siswa-siswinya untuk mengikuti program "Vena energy go to School" yang diselengarakan oleh PT. Infrastruktur Terbarukan Adhiguna.

Ketua Panitia Program Teknik Energy Terbarukan SMKN 1 Pringgabaya, Faisatulloh, ST. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaborasi SMKN 1 Pringgabaya dengan PT. Infrastruktur Terbarukan Adhiguna untuk memberikan ilmu kepada Siswa-Siswi Jurusan Teknik Energy, Surya, Hydro dan Angin (TESHA) yang ada di SMKN  1 Pringgabaya tersebut.

"Mereka (PT. Infrastruktur Terbarukan Adhiguna –Red) punya program, istilahnya kita dari pihak sekolah berkolaborasi dengan pihak PT, karena kebetulan program kita juga berjalan untuk jurusan TESHA," jelasnya saat ditemui di Sekolah. Senin, 21/12/2020.

Selain itu, lanjut Guru yang mengajar di SMKN 1 Pringgabaya itu bahwa tujuan utama dari program tersebut ialah untuk mendorong anak didiknya untuk lebih menguasai Ilmu tentang teknik energy terbarukan, terutama bagi  para pelajar yang ada di jurusan TESHA itu.

"Tujuannya ya supaya anak didik kita ini bisa mendapatkan ilmu sesuai dengan jurusannya" ujarnya

Lebih lanjut Faisal mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan  di SMKN 1 Pringgabya itu hanya diikuti 35 Siswa-Siswi Jurusan TESHA yang lulus seleksi. Dari 35 itu, lanjutnya, 25 di antaranya adalah perempuan  dan 10 sisanya adalah  laki-laki.

"Sebenarnya banyak yang daftar kemarin, cuma kita ambil 35 siswa saja berdasarkan  permintaan perusahaan," jelasnya.

Ditambahkan oleh Jumahir, Humas PT. Vena Energy bahwa perusahan manapun selalu memberikan porsi lebih besar bagi perempuan  untuk mengikuti pelatihan. Katanya, hal itu sebagai bentuk dukungan terhadap kesetaraan gender yang memang minim dibicarakan dalam dunia industry.

Dia mengakui bahwa mayoritas perusahaan yang ada di luar maupun di dalam negeri masih memiliki ketimpangan gender. “Terutama  di bidang Enegy Terbarukan  atau Listrik,” tandasnya.

Karena itulah, dengan adanya pelatihan itu, dia berharap ke depanya lebih banyak perempuan, khususnya alumni SMKN 1 Pringgabaya mendapatkan peluang kerja di bidang energy dan angin.

Dia juga mengungkapkan bahwa  untuk program yang dilaksanakan selama dua hari itu, yakni hari Senin, 21 Desember dan Selasa 22 Desember 2020 besok itu, selain diberikan materi di ruang kelas, peserta pelatihan juga akan diajak studi langsung ke perusahaan mereka, untuk memperkenalkan bagaimana sistem kerja di lapangan, termasuk menunjukkan peralatan yang dugunakan.

"Ya besok kita ajak adik-adik ini belajar langsung ke perusahaan untuk memperkenalkan sistem kerjanya, mulai dari alat-alatnya, kegunaannya seperti apa, dan tentu juga besok kita tetap mengikuti perotokol kesehatan, karena kita banyak," tutupnya. (Izi)

×
Berita Terbaru Update