Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Curah Hujan Tinggi, Tebing Menuju Kawasan Wisata Pusuk Sembalun Longsor

Sabtu, 30 Januari 2021 | Januari 30, 2021 WIB Last Updated 2021-03-29T20:46:17Z


Lombok Timur, Selaparangnews.com -  Tingginya curah hujan di  Kabupaten Lombok Timur selama tiga hari terakhir ini menyebabkan tebing yang ada di jalur wisata Pusuk Sembalun mengalami longsor pada Sabtu sore tadi 30 Januari 2021.

Dalam siaran tertulis, Kapolsek Sembalun melalui Kasubbag Humas Polres Lotim, IPTU Lalu Jaharudin mengatakan bahwa Kapolsek AKP Lalu Panca Warsa,SH,bersama-sama dengan Camat Mertawi S.Pd dan anggota koramil 10 Kecamatan Sembalun telah melaksanakan patroli untuk memonitoring kejadian tanah longsor di sana.

“Akibat curah hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah hukum polsek Sembalun sejak hari Kamis, 28 Januari 2021 kemarin,” tulisnya. Sabtu, 30/01/2021.

Tim Gabungan itu, lanjutnya, menemukan adanya tanah longsor di Taman Wisata Pusuk Sembalun kurang lebih 250 meter sebelum lokasi wisata pusuk Sembalun.

Adapun penyebab terjadinya longsor tersebut, paparnya, ialah akibat curah hujan dengan yang cukup tinggi, yang terjadi selama tiga hari terakhir  ini di wilayah Sembalun Lombok Timur.

“Selain curah hujan yang cukup tinggi juga dikarenakan konstruksi tanah yang labil di sepanjang jalur  Sebau Lawang  hingga Sembalun Bumbung yang sangat berpotensi terjadinya longsor kembali itu cukup tinggi,” jelasnya.

Jaharudin mengatakan, Anggota Polsek, Camat serta Anggota Koramil Sembalun berupaya melakukan pembersihan material tanah yang menutupi badan jalan untuk memperlancar arus lalu lintas.

“Karena sampai saat ini, material tanah dan kayu masih menutupi badan jalan,” ujarnya.

Akan tetapi,kata dia, meskipun begitu arus lalu lintas relatif masih lancar, baik bagi kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Atas kejadian tersebut, lanjut Jaharudin, Kapolsek Sembalun mengambil langkah-langkah pengamanan dan memberikan tanda garis Police Line.

Dia mengaku bahwa, pihaknya sudah berkordinasi dengan BPBD untuk menggeser Alat Berat ke lokasi Longsor.

Selain itu, ujranya, pihaknya juga memberikan imbauan bagi para pengguna jalan agar  selalu waspada dan berhati hati melintasi jalur pusuk Sembalun. Dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mengantisipasi potensi terjadinya banjir, tanah longsor, serta angin puting beliung. 

“Adapun untuk mencegah terjadinya bencana alam maka penting bagi kita untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita, yaitu tidak membuang sampah sembarangan,” tutupnya (Red)

×
Berita Terbaru Update