Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tampil Perdana, Tim Sanggar Tari SMKN 1 Pringgabaya Diapresiasi Kepala Dikbud NTB

Kamis, 01 April 2021 | April 01, 2021 WIB Last Updated 2021-04-01T18:20:50Z

Foto: Dr. H. Aidy Furqon, Kepala Dikbud NTB bersama Tim Sanggar Tari SMKN 1 Pringgabaya


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Meskipun tergolong baru seumur jagung, Tim Sanggar Tari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya mampu memukau para penonton dengan tarian tradisional khas Lombok yang disuguhkan dalam penampilan perdananya di acara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se NTB yang digelar di SMKN 1 Pringgabaya, pada Kamis, 01 April 2021.


Tak tanggung-tanggung, Tim Sanggar Tari SMKN 1 Pringgabaya tersebut mendapatkan apresiasi langsung dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Aidy Furqon.


"Kemampuan anak-anak sanggar seni SMKN 1 Pringgabaya yang mampu tampil di depan Forum Rapat Kerja MKKS SMK se NTB itu luar biasa," ujar Aidy kepada Selaparangnews.com saat diminta komentarnya di sela-sela kegiatan menghadiri acara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK se NTB di SMKN 1 Pringgabaya.


Menurutnya, hal itu menunjukkan kompetensi peserta didik yang multi talenta. Apa sebab? Karena bisa mengikuti pembelajaran normatif dan produktif dengan baik tapi juga mampu menunjukkan talenta lain di bidang Seni Budaya.


Prestasi itu, kata H. Aidy Furqon, sejalan dengan tugas Dikbud NTB dalam menyeimbangkan  dimensi pendidikan dan dimensi kebudayaan.


"Hal ini sejalan dengan tugas Dikbud untuk menjalankan dimensi Pendidikan di satu sisi dan dimensi Kebudayaan di sisi lain. Keduanya harus bisa dijalankan secara bersamaan," terangnya.



Dia berharap Sekolah lainnya juga mampu menjalankan hal serupa. Pasalnya, pada awal tahun 2020 yang lalu dikbud NTB sudah menyediakan Pojok Ekspresi sebagai media layanan pendidikan dan kebudayaan sekaligus.


"Sekolah-sekolah lain juga harus mampu menjalankan hal serupa mengingat sejak awal 2020 lalu, Dikbud sudah menyediakan pojok ekspresi dalam menyeimbangkan proses layanan pendidikan dan layanan kebudayaan di sekolah," pungkasnya.


Sementara itu, Fahmi idrus, S. Pd, selaku  Pembina Sanggar Tari SMKN 1 Pringgabaya mengungkapkan bahwa penampilan Tim Sanggar Tari besutannya itu merupakan penampilan perdananya sejak dibentuk sekitar satu bulan yang lalu.


"Terbentuknya Tim Sanggar Tari ini pada bulan Januari, namun pesertanya baru ada sejak satu bulan yang lalu dan ini merupakan penampilan perdana, langsung di depan 100 Kepala Sekolah SMK Se-NTB dan di depan Kadis dan jajaran dikbud NTB," tutupnya. (Izi)

×
Berita Terbaru Update