Notification

×

Iklan

Iklan

Capaian Vaksinasi Lansia di Kecamatan Sakra Lampaui Target, Ternyata Ini Yang Dilakukan

Saturday, April 24, 2021 | April 24, 2021 WIB Last Updated 2021-04-23T19:12:54Z

Foto: Vaksinasi Lansia oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Sakra

 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Capaian vaksinasi bagi masyarakat lanjut Usia (Lansia) di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur melebihi jumlah target yang telah ditentukan. 


Seperti dijelaskan Camat Sakra, Ahmad Subhan, sampai hari Rabu, 21 April 2021 lalu, pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia untuk dosis pertama di Kecamatan Sakra sudah mencapai 304 orang dari target sebanyak 232 orang Lansia.


Capaian itu, lanjutnya, diperoleh berkat kerja keras dan kerja sama Pemerintah, baik Desa maupun Kecamatan dengan tim kesehatan dari Puskesmas setempat dalam mengedukasi masyarakat terkait hal itu. Sehingga, masyarakat dengan kesadaran diri sendiri  tergerak untuk menerima Vaksin tersebut. 


Tak hanya itu, keberhasilan Kecamatan Sakra melampaui target vaksinasi bagi Lansia juga disebabkan oleh kinerja tim kesehatan yang turun langsung ke masyarakat alias langsung menjemput bola.


"Itu memang atas masukan dari Bapak Bupati untuk jemput bola itu, tapi itu dulu sebelum beliau berstatemen di media,' ujar Ahmad Subhan saat ditanya sejumlah awak media kemarin, pasca acara silaturahmi antar stakeholder se Lombok Timur di Pendopo Bupati. Sabtu, 24/04/2021.


Adapun strategi yang digunakan sehingga masyarakat antusias menerima Vaksin, lanjutnya, ialah dengan mensosialisasikan hal itu di moment-moment tertentu seperti saat menggelar kegiatan keagamaan atau adat.


"Disaat menerima bansos juga, kita minta warga untuk membawa kartu vaksin itu, sehingga mereka berbondong-bondong untuk datang, padahal bahasanya tidak kita teruskan bahwa yang tidak bawa itu tidak dapat bantuan," ketusnya disambut tawa renyah wartawan. 


Katanya, hal itu dilakukan karena memang ada perintah untuk berinovasi bersama kepala Puskesmas dalam mensukseskan vaksinasi bagi Lansia tersebut. 


Terkait upaya jemput Bola yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Puskesmas, Ahmad Subhan memberikan penghargaan yang tinggi bagi mereka, karena meskipun tanpa  ada transport, mereka tetap turun untuk melayani masyarakat. 


"Tidak diberikan transport saja pengabdian para petugas Puskesmas yang ada di Sakra sangat luar biasa, apalagi dengan kebijakan Bupati untuk memberikan transport untuk melayani vaksinasi bagi Lansia ini," pungkasnya. (SN) 


×
Berita Terbaru Update