Notification

×

Iklan

Iklan

Bantu Nelayan Lobster, Bank NTB Syariah Teken MoU dengan GPLI

Wednesday, June 9, 2021 | June 09, 2021 WIB Last Updated 2021-06-09T09:49:07Z


 

Mataram, Selaparangnews.com - Bank NTB Syariah dan Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI), melakukan penandatangan MoU untuk membantu dan mensejahterakan para nelayan lobster di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).


Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc., menyaksikan langsung penandatangan perjanjian kerjasama tersebut, di ruang kerjanya, Rabu, 9 Juni 2021.


Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo, menjelaskan bahwa MOU ini merupakan inisiasi dan kerjasama NTB dan GPLI.


"Kami akan membantu dari segi pembiayaanya," kata Kukuh.


Dijelaskannya, untuk pembiayaan,  satu nelayan yang memiliki usaha budidaya memerlukan pendanaan sekitar 50-80 Juta Rupiah, dengan bibit 1.000-2.000 ekor.


Dalam satu Kelompok Usaha Bersama (KUB) ada 10 orang, akan diberikan 4-6 karamba, dimana dalam satu karamba isinya sekitar 250 ekor lobster ukuran 30 gram.


"Nelayan akan memelihara selama 6 bulan, hingga memiliki berat 200-250 gram, siap untuk dipanen," jelasnya.


Menindaklanjuti MoU ini, Kukuh juga mengatakan bahwa Pemprov NTB bersama dengan GPLI ini juga akan menyediakann lokasi-lokasi yang cocok untuk budidaya lobster di NTB.


"Salah satu lokasi yang saat ini dikembangkan ada di Telong Elong Lombok Timur," katanya.


Kalau untuk lokasi ini, yang sudah di ujicoba sekitar 100 karamba. Lokasi lain di NTB yang memenuhi syarat akan dibudidayakan lobster juga.


"Bila ada masyarakat yang ingin mengetahui tentang pembiayaan ini, langsung kunjungi Bank NTB Syariah se-NTB," pungkasnya.


Sementara itu Ketua GPLI Gunawan, mengatakan bahwa tugas pihaknya melakukan pembinaan dan pendidikan bagi nelayan lobster.


"Kami akan didik mereka, melakukan pendampingan termasuk menyediakan pakan hingga pemasarannya," Gunawan. (SN) 

×
Berita Terbaru Update