Notification

×

Iklan

Iklan

PPDB TA 2021/2022 Dimulai, SMKN 1 Pringgabaya Buka 15 Kompetensi Keahlian

Friday, June 4, 2021 | June 04, 2021 WIB Last Updated 2021-06-04T07:04:45Z


 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Negeri 1 Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur sudah dimulai sejak tanggal  31 Mei 2021 yang lalu.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Habib Azmi  mengatakan, pada tahun ajaran baru ini, SMKN 1 Pringgabaya membuka 15 Kompetensi Keahlian.


"Ada 15 Kompetensi Keahlian yang kita buka tahun ini," sebutnya. Jum'at, 04/06/2021.


Terkait dengan PPDB, lanjut Azmi, dibuka dengan beberapa tahapan, mulai dari sosialisasi teknis, kemudian disusul dengan Pra Pendaftaran dan baru kemudian pada tahap Verifikasi Pra Pendaftaran yang akan dimulai dari tanggal 10, sampai dengan  tanggal 12 Juni mendatang.

Jadwal dan tahapan PPDB tahun ajaran 2021/2022 SMKN 1 Pringgabaya

15 Kompetensi Keahlian yang disediakan itu, jelas Azmi, ada pada Tujuh Program Keahlian dan Tiga Bidang Keahlian. "Untuk Program Teknik Mesin (TM) ada Teknik Permesinan (TP)  dan Teknik Mekanika Industri (TMI)," sebutnya.


Sementara untuk program keeahlian Teknik Otomotif (TO), ada Teknik Kendaraan Ringan  Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBM), Teknik Bodi Otomotif (TBO), Teknik Ototronik (TO).


Ada Program Keahlian Teknik Pengelasan Dan Pabrikasi Logam (TPDPL). Untuk Keahlian Elektronika, ada Teknik Audio Vidio (TAV), Teknik Elektrinika Industri (TEI) dan Teknik Elektronika Daya Dan Komunikasi Dan untuk Preogram Keahlian Teknik Energi Terbarukan (TET) ada Teknik Energi Surya Hidro dan Angin (TESHA). 


"Sementara dalam Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak Dan Game Ada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangakat Lunak (RPL) Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi (SIJA) dan untuk Perogram keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) ada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (TTT) " Sebutnya satu persatu.


Dari 15  Kompetensi keahlian yang di buka tahun ini ada dua Kompetensi keahlian yang membutuhkan 2 Rombel sementara 13 lainnya  masing-masing butuh 1 Rombel saja sehingga jumlah Rombel secara keseluruhan ialah  ada 17.


"Makanya target siswa yang dibutuhkan itu sekitar 544 orang," tandasnya seraya menyebutkan bahwa Kompetensi keahlian yang mendapatkan dua rombel itu adalah Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi  (SIJA) dan Tekhnik komputer dan  jaringan (TKJ).


Ia juga menyebutkan bahwa  ada tujuh Kompetensi  keahlian baru dibuka tahun ini di antaranya Bodi Otomotif (BO) , Teknik Ototronik (TO), Teknik Elektronika daya dan komunikasi (TEDK), Mekanika industri(MI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Dan Teknik Sistem Informasi dan Aplikasi (TIA).


Sementara kompetensi keahlian yang dihapus di SMKN 1 Pringgabaya, kata Azmi adalah Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Multimedia, Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU).


Browsur PPDB dan Jurusan di SMKN 1 Pringgabaya


"Perubahan itu mengacu pada refocusing Core oleh Dinas Pendidikan Provinsi NTB," tutupnya. (Izi). 


×
Berita Terbaru Update