Notification

×

Iklan

Iklan

Festival "Bedudul" Desa Montong Betok Diapresiasi Bupati Sukiman

Monday, February 21, 2022 | February 21, 2022 WIB Last Updated 2022-02-21T11:13:22Z

H.M. Sukiman Azmy, Bupati Lombok Timur (kiri) 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy mengapresiasi pelaksanaan Festival Tahunan Pancing Lindung atau Belut yang dalam bahasa sasak disebut "bedudul" di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading.

Pada pembukaan festival yang berlangsung Ahad, 20 Februari 2022 kemarin itu, Bupati Sukiman menyatakan siap memberi dukungan dalam dana Rp.10 juta sebagai tambahan doorprize.

Bupati berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin. Menurutnya, selain mendukung pelestarian lingkungan, kearifan lokal bedudul ini juga dapat menjadi agenda wisata yang dapat menarik minat wisatawan, utamanya wisatawan asing. Kegiatan keseharian seperti itu, menurut Bupati, akan mendukung pengembangan wisata di kawasan tersebut.

Tidak hanya di Montong Betok, kegiatan ini diharapkan Bupati juga dapat diselenggarakan di desa lainnya, di seluruh wilayah Lombok Timur.

Bupati, pada kesempatan tersebut juga menjawab peningkatan kualitas jalan di kawasan tersebut. Namun begitu Bupati meminta upaya tersebut didukung masyarakat setempat dengan menambah masing-masing satu meter di sisi jalan, sehingga ruas jalan menjadi semakin lebar. 

"Pelebaran dan peningkatan kualitas jalan tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat," ujarnya. 

Festival pancing lindung ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak merusak lingkungan dan memanfaatkan sumber daya alam hayati dengan cara yang ramah lingkungan. 

Kegiatan yang diinisiasi Komunitas Pancing Lindung tersebut diikuti 50 tim. Panitia menyediakan doorprize bagi juara 1 sebesar Rp. 1 juta, juara 2 sebesar Rp.750 ribu dan juara 3 sebesar Rp.500 ribu. (SN) 

×
Berita Terbaru Update