Notification

×

Iklan

Iklan

Khusus Hari Ini, SMAN 1 Suela Namakan Sabtu Budaya Menjadi Sabtu Kuliner

Saturday, March 12, 2022 | March 12, 2022 WIB Last Updated 2022-03-12T08:19:59Z

Siswi SMAN 1 Suela menyajikan Makanan Tradisional Lombok pada acara Sabtu Kuliner

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Sabtu budaya merupakan salah satu program unggulan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud-NTB), di mana pada kegiatan sabtu budaya tersebut biasanya identik dengan kegiatan-kegiatan permainan tradisional.


Namun, pada Sabtu budaya kali ini Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur menamakan hari Sabtu 12 Maret 2022 ini dengan "Sabtu kuliner" Khas Lombok. 


Hal tersebut diungkapkan oleh Hilman Wahyudi, S.Pd, Pembina sekaligus guru mata pelajaran (Mapel) Prakarya.


"Khusus hari sabtu kali ini kita namakan sabtu kuliner, semua siswa, mulai dari kelas X sampai kelas XII itu menyajikan makanan khas tradisional Lombok," ungkapnya. Sabtu, 12/03/2022


Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, kata dia, merupakan salah satu Ujian praktik bagi kelas XII untuk mata pelajaran Prakarya.


"Sebenarnya sih memang diperuntukan bagi siswa kelas XII, sedangkan untuk kelas X dan XI itu mengikuti kegiatan Sabtu budaya yang biasanya, yakni memainkan permainan tradisional, olahraga dan bersih-bersih," terangya. 


Sementara itu, lanjut Hilman, untuk yang kelas X dan XI ini sedang mengikuti kompetisi, di mana nantinya hasil hidangannya itu akan diberikan penilaian oleh panitia dan tim penilai SMAN 1 Suela.


"kalau untuk kelas XII ini murni untuk penilaian ujian praktik prakarya," ucapnya. 


Selain itu, pria yang akrab disapa pak Hilman itu juga menerangkan bahwa tujuan dari kegiatan sabtu kuliner tersebut ialah para siswa-siswi SMAN 1 Suela bisa selalu melestarikan dan mempromosikan kuliner khas lombok di kancah Nasional maupun kancah Internasional, 


"Bahwa kita di Pulau Lombok mempunyai Kuliner khas yang tak kalah enak dengan wilayah lain," kata Hilman. 


Dengan adanya kegiatan ini, Ia  berharap peserta didik lebih bisa mengenal budaya sendiri mulai dari segi budaya maupun kulinernya. 


Sementara itu, Ruhyatul Aini, S.Pd, salah satu tim penilai untuk kegiatan Sabtu kuliner ini mengungkapkan bahwa ada 4 kategori penilaian yang diambil, di antaranya adalah cara penyajian, kekompakan, cita rasa dan kebersihannya.


"Dari hasil penilaian tersebut nanti nilainya itu akan dimasukkan dalam 4 mata pelajaran, yakni Muatan Lokal (Mulok), Seni Budaya, Prakarya dan Olahraga, karena 4 mapel tersebut masuk dalam kegiatan sabtu budaya," tutupnya. (Izi)

×
Berita Terbaru Update