Notification

×

Iklan

Iklan

Sejumlah Bidang Ini Tunjukkan Peningkatan di Lombok Timur, Apa Saja?

Friday, March 18, 2022 | March 18, 2022 WIB Last Updated 2022-03-18T11:30:31Z


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Bidang Kelautan dan Perikanan, peternakan, serta pertanian di Kabupaten Lombok Timur relatif mengalami tren peningkatan dari waktu ke waktu.


Di Sektor perikanan misalnya, peningkatan itu ditandai dengan  bertambahnya produksi perikanan, baik perikanan tangkap, perikanan budidaya maupun produk olahannya. 


Namun demikian, inovasi dan terobosan tetap dilakukan untuk  terus meningkatkan kemajuan tersebut. 


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Timur M. Zainuddin saat menyampaikan amanat pada apel bulanan lingkup Pemda Lombok Timur Kamis, 17 Maret 2022 kemarin menyebut berbagai kemajuan tersebut memacu Pemerintah Daerah  untuk terus berbenah.


Ia menjelaskan, upaya memajukan dan meningkatkan usaha produksi perikanan tangkap tersebut, di antaranya dilakukan dengan mengadakan sarana dan prasarana, seperti alat tangkap ikan sebanyak 800 unit, pengadaan alat bantu penangkapan ikan berupa coolbox 100 buah dan GPS 26 buah, pengadaan mesin tempel kapal sebanyak 9 unit, serta pengadaan alat keselamatan penangkapan ikan dengan ukuran di bawah 5 GT. 


"Pengadaan tersebut menghabiskan anggaran sebanyak Rp. 2,8 milyar," ucapnya. 


Beberapa program lainnya, kata dia, ialah berupa pengembangan budidaya perikanan terintegrasi melalui program kampung lobster di Dusun Telong-elong yang merupakan program KKP RI dianggarkan sejumlah Rp. 13,8 Milyar, juga Lobster estate di desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru dianggarkan sejumlah Rp. 4,5 Milyar.


Program lainnya adalah sertifikat hak atas tanah (SeHAT) nelayan yang merupakan kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan menargetkan sebanyak 300 sertifikat, juga, Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) dengan anggaran sejumlah Rp. 1,9 Milyar.


Sementara itu bidang Peternakan populasi ternak, konsumsi daging, dan derajat kesehatan hewan serta kesehatan masyarakat veteriner juga menunjukkan peningkatan.


Keberhasilan tersebut diantaranya berkat bantuan ternak sapi, kerbau, dan kambing sebanyak 836 ekor kepada 90 kelompok peternak, juga bantuan ternak unggas sebanyak 66.750 ekor bagi 40 kelompok. Selain bantuan langsung dalam bentuk barang, diberikan pula bantuan hibah uang kepada 152 kelompok peternak sebesar Rp. 1,8 Milyar, serta digelontorkan pula bibit ternak kepada 200 kelompok peternak dalam bentuk BANSOS senilai Rp. 12 Milyar.


Halnya Dinas Pertanian, tahun 2022 ini menjalankan berbagai kegiatan untuk mengamankan swasembada pangan seperti: pembangunan irigasi tersier, air tanah dangkal maupun irigasi air tanah dalam. 


Irigasi tersebut didukung pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan embung pertanian, juga pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan usaha tani, pengadaan alat dan mesin pertanian (alsintan) pra dan pasca panen komoditas tanaman pangan, hortikultura dan tembakau.


Menutup amanatnya Kadis DKP meminta agar seluruh OPD tetap menjaga kekompakan, bersinergi dan mengembangkan koordinasi serta kerja sama demi  mewujudkan Lombok Timur yang adil, sejahtera dan aman sebagai visi misi RPJMD 2018-2023.


Apel Bulan Maret, seperti penyelenggaraan bulan sebelumnya, diikuti perwakilan seluruh OPD lingkup kabupaten Lombok Timur. (SN) 


×
Berita Terbaru Update