Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pengelola Sekber SPAB Lotim Dikukuhkan

Kamis, 14 April 2022 | April 14, 2022 WIB Last Updated 2022-04-14T15:55:37Z

Pengukuhan Pengelola Sekber SPAB Kabupaten Lombok Timur oleh Sekretaris Daerah, HM. Juaini Taofik


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur HM. Juaini Taofik mewakili Bupati mengukuhkan Pengelola Sekretariat Bersama (Sekber) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Kabupaten Lombok Timur mengingatkan pentingnya komunikasi, penguatan kapasitas, dan koordinasi dalam upaya mewujudkan SPAB. 


"Bencana tidak pernah diharapkan, akan tetapi harus diantisipasi," kata Sekda belum lama ini. 


Pada tataran tersebutlah, kata Sekda, komunikasi dan koordinasi, serta penguatan kapasitas itu dibutuhkan. Sekda menyebut yang mampu mengantisipasi  sebagai yang akan selamat ketika sebuah bencana terjadi.


Diingatkannya pula bahwa SPAB yang lahir pada masa pandemi covid-19 tidak hanya menyangkut bencana non alam tersebut, melainkan juga bencana lainnya. 


Hal itu, kata Sekda, karena Lombok Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana lengkap, mulai dari banjir, gempa bumi, kebakaran, hingga angin putting beliung, kendati indeks kebencanaan termasuk pada kategori sedang (128,05).


Menambahkan Sekda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur Ahmad Dewanto Hadi menyebut potensi bencana tersebut harus disikapi secara organisatoris dan kelembagaan. Ia menegaskan pula keberadaan Sekber akan dikembangan untuk penanganan bencana lain.


Sementara itu ketua Sekretariat Bersama SPAB Provinsi NTB Yuda Purwaka dalam acara yang juga dirangkaikan dengan Penyerahan Dokumen Rekomendasi Kebijakan Penanganan Covid-19 di Sektor Pendidikan Kabupaten Lombok Timur tersebut menyebut keberadaan Sekber SPAB sebagai upaya menyiapkan generasi yang siap selamat. 


Ia berharap Sekber SPAB sebagai implementasi Permendikbud No.33 tahun 2019, dapat berkegiatan dengan memaksimalkan potensi yang ada.


Sekber SPAB melibatkan berbagai OPD, organisasi Wanita, Media, Forum Anak, Perguruan Tinggi, PMI, SAR, ACT, dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sebagai fasilitator. (SN) 

×
Berita Terbaru Update