Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Unik Warga Danger Lakukan Upacara Bendera 17 Agustus 2022

Wednesday, August 17, 2022 | August 17, 2022 WIB Last Updated 2022-08-17T08:13:41Z

Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022 di Desa Danger, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus biasa diisi dengan kegiatan upacara pengibaran bendera. Akan Tetapi masyarakat Indonesia beberapa kali memiliki cara unik untuk menggelar upacara. Seperti yang dilakukan masyarakat Dusun Danger Utara, Desa Danger Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (Lotim).  


Cara unik untuk meramaikan momen 17 Agustus ini digelar dengan khidmat meskipun di tempat yang tidak biasa. Sebut saja misalnya upacara 17 Agustus di Dusun Danger Utara ini dilaksanakan di tengah sawah. 


Bendera Merah Putih pun berkibar dengan gagah meskipun tiang dibuat dari batang pohon pisang dan bambu diiringi lantunan lagu Indonesia Raya.


Layaknya upacara pada umumnya, dalam kegiatan ini juga ada petugas dan peserta upacara yang terdiri dari petani, peternak, ibu tangga hingga anak-anak. Tak ketinggalan remaja Masjid selaku petugas upacara memakai pakaian adat Sasak. 


Dengan adanya semangat kemerdakaan para petani tersebut, diharapkan seluruh masyarakat di penjuru Indonesia merasakan kemerdekaan yang sama. Khususnya masyarakat Dusun Danger Utara, Desa Danger Kecamatan Masbagik. 


 "Tiang bendera dibuat dari pohon pisang dan bambu karena memiliki makna dalam perjuangan rakyat Indonesia waktu itu,"terang Humaidi selaku Kepala Dusun Danger Utara, Desa Danger Kecamatan Masbagik. 


Sementara peserta upacara berasal dari masyarakat umum, baik petani, peternak, ibu rumah tanggal hingga anak anak bertujuan supaya masyarakat turut merasakan momentum HUT Kemerdekaan RI yang saat ini berusia 77 tahun. (SN) 

×
Berita Terbaru Update