Notification

×

Iklan

Iklan

Hearing ke Dewan, Pengusaha Wifi di Lombok Timur Minta Pemerintah Bentuk BUMD Bidang Internet

Tuesday, January 31, 2023 | January 31, 2023 WIB Last Updated 2023-01-31T08:39:24Z

ASL dan Gerak NTB Hearing dengan Komisi I DPRD Lotim 

SELAPARANGNEWS.COM - Asosiasi Server Lombok (ASL) dan Gerak NTB meminta Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk segera membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bidang Internet supaya UMKM yang bergelut di bidang itu mendapat perlindungan dan kepastian hukum dari pemerintah. 


Hal itu diutarakan Sekjend ASL Wawan Hendri Suprianto saat hearing dengan Komisi I DPRD Lotim dan sejumlah pimpinan OPD terkait seperti Diskominfo, Dinas PMPTSP, Satpol PP, Bagian Hukum dan PT. Telkom. Selasa, (31/01/2023). 

"Tujuan kami bagaimana supaya para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) internet ini merasa aman dan dilindungi oleh Pemda itu karena selama ini kami mencari nafkah dari situ," ungkap Wawan. 

Pasalnya, kata dia, banyak sekali kejadian-kejadian yang mereka temukan di lapangan sehingga mereka merasa hal ini harus segera diatensi dan ditindaklanjuti. 

"Banyak kejadian-kejadian misalnya ada salah satu anggota kami yang kena sidak hingga 15 juta dan itu harus dia ngeluarin kemarin karena kalau untuk mengurus ijin sangat mahal sekali," bebernya. 

Ia juga berharap ada solusi pemerintah Kabupaten ataupun Internet Service Provider (ISP) Swasta untuk memfasilitasi harapan mereka tersebut. 

"Harapannya mungkin nanti pemda bisa menengahi maupun ada ISP swasta yang mau memfasilitasi untuk beri dengan harga murah walaupun dengan harga yang mirip-mirip dengan IndiHome itu tidak masalah sih biarpun ada biaya-biaya registrasi gitu," paparnya. 

"Kita mendorong Pemerintah Daerah untuk menyiapkan infrastruktur atau paling tidak ada sebuah Lembaga yang bergerak di bidang internrt ini seperti misalnya BUMD yang bergerak di bidang internet seperti PDAM yang bergerak di bidang air," ujarnya. 

Senada dengan itu, Ketua Gerak NTB Arsa Ali Umar juga mendukung usulan tersebut untuk segera membentuk BUMD yang bergerak di bidang internet sebagai solusi dari permasalahan ini. (Kht) 
×
Berita Terbaru Update