Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN Terpadu Unram Ajak Warga Lembar Manfaatkan Hasil Tambak Jadi Produk UMKM

Monday, January 23, 2023 | January 23, 2023 WIB Last Updated 2023-01-23T06:34:09Z

Sosialisasi dan Demonstrasi Pemberdayaan Hasil Laut dan Tambak Menjadi Produk UMKM Melalui Pariwisata Ekonomi Kreatif

SELAPARANGNEWS.COM - Mahasiswa KKN-Terpadu Universitas Mataram (Unram) periode 2022/2023 Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat melakukan Sosialisasi dan Demonstrasi Pemberdayaan Hasil Laut dan Tambak Menjadi Produk UMKM Melalui Pariwisata Ekonomi Kreatif. 

Sosialisasi dan Demonstrasi yang digelar di Aula Kantor Desa Lembar pada Sabtu, 21 Januari 2023 lalu itu dihadiri Kepala Desa, Para Kadus, Kader serta para Remaja Desa Lembar. 

Sekretaris KKN Terpadu Unram Evi Ariani Sutomo mengatakan, masyarakat Desa Lembar sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan tambak. Katanya, terdapat berbagai macam jenis ikan di tambak milik masyarakat tersebut seperti Bandeng, Mujair, Kepiting dan Kerang. 

Akan tetapi, lanjut Evi, masyarakat Desa Lembar lebih sering menjual hasil tambaknya kepada pengepul saja tanpa diolah menjadi suatu produk UMKM. 

Berangkat dari dana, lanjut Evi, Mahasiswa KKN-Terpadu Desa Lembar mencoba berinovasi dengan mengolah hasil tambak yaitu Ikan Bandeng menjadi Pilus Amplang Bandeng.

"Dipilihnya ikan Bandeng sebagai pembuatan Pilus Amplang tersebut dikarenakan sebagian besar tambak milik masyarakat di Desa Lembar membudidayakan Ikan Bandeng dan ikan tersebut cocok untuk diolah menjadi Pilus Amplang," kata Evi. Senin, (23/01/2023).

Produk pilus amplang bandeng ini, jelas Evi, akan menjadi pembeda dari amplang-amplang lainnya yang biasanya berbahan dasar Ikan Tenggiri. Lagu pula, ujar Evi, fari segi bahan, alat dan cara pembuatan juga murah sehingga mudah dicari dan dibuat oleh masyarakat.

Evi berharap, melalui kegiatan sosialisasi dan demontrasi itu, masyarakat Desa Lembar, khususnya para ibu-ibu PKK dan remaja di Desa Lembar terinspirasi untuk membuat dan melanjutkan pembuatan Pilus Amplang bandeng menjadi produk UMKM.

"Harapan kami nantinya produk itu dapat dipasarkan di sekitar Desa Lembar dan kawasan objek wisata yang terdapat di Desa Lembar. Hal ini kan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Lembar nantinya," pungkas Evi. (SN) 
×
Berita Terbaru Update