Notification

×

Iklan

Iklan

Resensi Buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

Monday, January 2, 2023 | January 02, 2023 WIB Last Updated 2023-01-02T12:17:45Z


 
Judul Buku      : Manajemen Pendidikan                                               Islam
Pengarang     : Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.
Penerbit     : Najaha
Tanggal Terbit  : Tahun 2022
ISBN     : 978-623-99296-3-3
Halaman           : viii + 154


Sinopsis Buku

Buku manajemen pendidikan Islam adalah proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami dengan mengangkat sejumlah persoalan yang berkaitan dengan (refleksi) dan aplikasi pendekatan dan metode manajemen pendidikan Islam. 

Pembahasan dalam buku ini berupa konsep kepemimpinan islami, manajemen perubahan, visi misi dan lain sebagainya. Proses pengelolaan lembaga pendidikan islam di buku ini dikelola dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal yang berkaitan dengan tujuan pendidikan islam secara efektif dan efisien.

Resensi

Buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, salah satu buku yang dikemas oleh Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I. secara tepat dan jelas. Beliau juga aktif dalam bidang menulis artikel di berbagai media, baik online maupun offline (media koran). Banyak karya yang sudah dibukukan di antaranya; Pengembangan kurikulum pendidikan Islam pai; 2013, politik uang dalam pemilihan umum; 2015, filsafat pendidikan Islam memahami prinsip dasar; 2018 cet-1; 2022 cet-2, konsep dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam; 2019, metode penelitian dasar mengenal model penelitian dan sistematikanya; 2020, pendidikan agama Islam berbasis Islam kontemporer perspektif Indonesia; 2021, manajemen lembaga pendidikan Islam; 2022, himpunan khutbah Jumat kontemporer; 2022. Buku ini berisi sejumlah persoalan yang berkaitan tentang reflektif, metode manajemen pendidikan dan aplikasi pendekatan yang didasari oleh Al-Quran maupun Hadist.

Belajar mengenai manajemen lembaga pendidikan islam dalam buku adalah hal yang tepat, karena disini kita akan dituntut dalam berbagai tahapan mulai dari konsep kepemimpinan dalam islam, visi misi dan tujuan, manajemen kurikulum pembelajaran, manajemen administrasi dan masih banyak lagi. Buku ini juga cocok sebagai  pedoman dalam meningkatkan lembaga-lembaga pendidikan secara islam. Atau sebagai referensi bagi para mahasiswa yang menempuh di bidang ini.

Penyajian pertama dalam buku ini, kita diajak untuk memahami bagaimana konsep kepemimpinan kepala madrasah. Kepala madrasah dianggap sebagai orang yang  kompeten dalam lembaga yang bertanggung jawab langsung mengenai semua bentuk perangkat operasional dan bekerja sama dengan guru untuk melatih siswa dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Sebagai kepala pemimpin kita harus bijak dalam mengelola aspek administrasi di antaranya; pengelolaan pengajar, pegawai, murid, keuangan dan hubungan antara masyarakat.

Keterkaitan visi, misi dan tujuan dalam konsep pengelolaan lembaga pendidikan Islam tidak akan pernah terlepas. Dalam visi dituliskan bahwa keputusan yang sudah tertulis dalam visi itu bertujuan untuk masa depan madrasah dalam jangka (usia 5-10 tahun). Keberadaan visi dapat mewujudkan secara kualitatif. Sama halnya dengan misi. komitmen, tanggung jawab dan rencana aksi tidak akan terlaksana jika pedoman tersebut tidak digunakan untuk memenuhi visi tersebut. 

Tahapan tahapan sekolah yang menuju pada pencapaian visi atau hasil yang diperoleh dari madrasah merupakan makna dari tujuan.
 
Dalam pembelajaran di lembaga pendidikan pernah mendengar namanya kurikulum pendidikan. Kurikulum merupakan program instruksional madrasah bagi siswa yang difokuskan pada program pendidikan, yang di mana siswa diberatkan dengan berbagai pengalaman belajar untuk mendorong kemajuan dan pertumbuhan mereka sehingga sejalan dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan. 

Dari segi manajemen bisa dikatakan suatu pengaturan yang dirancang untuk menjamin keberhasilan kegiatan belajar mengajar. (dalam istilah sekarang adalah pembelajaran) sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai hasil yang maksimal.

Landasan prinsip manajemen kurikulum berangkat dari sudut pandang kehidupan dan sudut pandang manusia, yang berpotensi pada tujuan pendidikan yang berpusat pada nilai-nilai islam. Baik dan bagusnya akan memengaruhi juga fungsi manajemen kurikulum dan pendidikan.

Selain itu juga buku ini mengajak kita dalam pengelolaan administrasi atau manajemen keuangan. Dalam administrasi, keuangan merupakan salah satu substansi yang digunakan dalam manajemen sekolah untuk menilai arah program pembelajaran di kelas. Keuangan yang dimaksud disini adalah uang dan cara mengelolah keuangan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. 

Untuk pembiayaan pada pendidikan madrasah dibutuhkannya manajemen pembiayaan sebagai layanan atau cara untuk menopang proses yang sesuai dan dapat diandalkan. 

Pendanaan ini sudah tercatat di PP RI No.19 Thn 2005. Ada juga dari dua sumber, dalam organisasi atau pihak asing. Hal ini memberikan solusi yang baik terutama dalam keuangan dikarenakan madrasah bisa leluasa dalam mengelolah atau memperbaiki sarana prasarana yang ada sekolah. 

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai salah satu buku pengetahuan, buku ini mudah dipahami karena dibumbui dengan kata yang baku dan penggunaan kalimat yang tidak berat. Ilmu dan tips yang disampaikan menggunakan bahasa santai, yang besar kemungkinan mudah dimengerti oleh berbagai tingkat pembaca. 

Informasi dari buku ini mengambil dari Narasumber yang berpengalaman dalam bidangnya dan sangat berbobot dalam penyampaian. 

Buku ini sangat informatif untuk segala usia. Bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti oleh awam, bisa juga dijadikan referensi. Akan tetapi ada beberapa kata yang diulangi dan dalam pemilihan kata ilmiah ada yang belum dipahami. Dan tata letak dalam format tulisannya belum rapi. 


Peresensi: Ahmad Haikal Imron |Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo

×
Berita Terbaru Update