Notification

×

Iklan

Iklan

SMKN 1 Lembar Diproyeksikan Jadi Pusat Pembelajaran Kemaritiman SMK se NTB

Thursday, January 19, 2023 | January 19, 2023 WIB Last Updated 2023-01-18T23:27:00Z

Ahmad Quroni, Kepala SMKN 1 Lembar

SELAPARANGNEWS.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lembar, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat diproyeksikan sebagai tempat belajar Kemaritiman SMK se Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) lantaran sudah memiliki Ruang Praktek Siswa (RPS) berstandar Industri yang dilengkapi dengan alat simulator pelayaran, yang akan segera diresmikan dalam waktu dekat. 



"Nanti (bangunan -red) yang di depan itu sudah ada rencana dari pak Kepala Sekolah sebagai pusat belajarnya SMK Kemaritiman se NTB," kata Kepala Bidang Pembina SMK Dikbud NTB M. Khairul Ikhwan kepada wartawan, Rabu kemarin, 18 Januari 2023.

Bahkan nantinya, kata Ikhwan, siswa SMK dari wilayah NTT juga bisa belajar simulator pelayaran di SMKN 1 Lembar. Pasalnya sudah ada alat belajar yang cukup memadai berupa simulator yang dibeli dengan harga yang cukup besar yakni sekitar Rp. 3,3 M. 

Simulator ini, lanjutnya, adalah satu-satunya yang ada di Indonesia bagian timur. Sehingga kemungkinan besar SMK-SMK yang ada di daerah tersebut akan belajar kemaritiman ke SMK Negeri 1 Lembar nantinya. 

Kepala Sekolah SMKN 1 Lembar Ahmad Quroni menambahkan, dengan adanya alat Simulator Pelayaran tersebut, maka para siswa tidak perlu lagi keluar untuk mendapatkan sertifikasi.

"Biasanya kita mengirim siswa kita ke Yogyakarta, tentu jika nantinya ada gedung praktek akan mengurangi anggaran," ungkapnya. 

Dijelaskannya, setelah finishing dan terpasang alat-alatnya, gedung praktek tersebut nantinya juga akan dijadikan sebagai tempat ujian rating, agar para siswa mendapatkan sertifikasi, untuk bisa langsung magang ataupun bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran. 

"Insyaallah kita seperti tahun-tahun kemarin, sekitar 24 alumni sudah bekerja, karena kita mempunyai Program percepatan dan mereka ada yang di Eropa, singapore dan sebagainya," jelasnya.

Setelah Gedung Praktik ini Finishing, tentunya juga akan ada Surveilans dari Dinas perhubungan laut, kemudian Bimtek untuk approved sekolah ini, sehingga SMK Negeri 1 Lembar merupakan Sekolah yang mempunyai standarisasi dari International Maritime Organisation (IMO) dari Kementrian Kelautan.

"Kalau sudah terapprove, maka ini menjadi salah satu terobosan yang sangat luar biasa, dan SMKN 1 Lembar akan menjadi satu-satunya Sekolah yang terapprove di Indonesia Timur," ujarnya.

Kendati demikian, Ia mengakui bahwa hal itu merupakan berkat kerja Keras Pemprov NTB, dalam hal ini ialah Dikbud yang terus mensuport dan mendorong sekolah-sekolah Kejuruan untuk terus berinovasi, dengan program SMK Gemilang Karya, dalam mewujudkan industrialisasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Quroni juga mengungkapkan bahwa DAK fisik dengan sistem Swakelola di tahun 2022 ini merupakan sistem yang paling bagus karena sesuai standar Industri. 

"Kalau sebelumnya di tahun 2021 kita hanya menerima kunci saja, karena waktu itu masih menggunakan sistem kontraktual jadi kita tidak mengetahui kwalitas bangunannya," ungkapnya.

Untuk DAK Fisik Swakelola tipe 1 ini diakuinya melibatkan semua partisipan, baik masyarakat dan pihak sekolah sehingga, pihaknya bisa mengetahui kwalitas dari bangunan itu sendiri.

"Karena kita bisa lihat langsung spesifikasi, dan sistem pengerjaannya, tentunya sangat bagus dan luar biasa," pungkasnya. (Yns) 
×
Berita Terbaru Update