Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat Senangggalih Antusias Ikuti Pawai Obor Malam Takbiran: Ada Miniatur Masjid, Ka'bah dan Unta

Saturday, April 22, 2023 | April 22, 2023 WIB Last Updated 2023-04-22T04:31:42Z

Peserta Pawai Obor Malam Takbiran dan Miniatur Masjid Jami' Al Muhajirin Desa Senangggalih 

SELAPARANGNEWS.COM - Lebaran tahun 1444 Hijriyah telah tiba. Umat islam di seluruh dunia mengekspresikan kebahagiaan di hari raya ini dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggelar pawai berkeliling desa. 


Di Desa Senangggalih, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, para pemuda dan masyarakat terlihat antusias dan kompak menyemarakkan hari kemenangan umat islam ini, setelah berpuasa penuh sebulan lamanya. 


Seakan-akan mereka tak mah kalah dengan desa lainnya dalam meramaikan hari besar bagi jutaan manusia di dunia. 


Kegiatan yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Jami' Al Muhajirin Desa Senangggalih itu begitu semarak, bahkan tak terasa waktu berlalu begitu saja. 

 

Demikian diutarakan Panitia Pelaksana Pawai Obor Malam Takbiran Desa Senangggalih Aliyuddin Goffar kepada media ini. 


"Hampir semua TPQ atau musholla dan masyarakat yang ada di Desa Senangggalih tidak sadar, mereka rata-rata mengatakan waktu yang berlalu seakan-akan begitu singkat," ujar Goffar berapi-api. Sabtu, (22/04/2023). 


Padahal, kata dia, rute Pawai Obor yang diikuti oleh semua TPQ dan Musholla yang ada di Desa Senangggalih tersebut tidak lah singkat, yang dilakukan hanya dengan jalan kaki, dari ujung barat desa hingga ujung Desa Senangggalih. 


"Kita sempat tidak merayakan malam 1 Syawal pada tahun-tahun lalu dengan pawai obor, tapi itu bukan kemudian menjadi alasan untuk kita hilangkan adat dan kebiasaan yang sudah diwariskan oleh para tetua terdahulu". tandasnya. 


Goffar menyebutkan, selain pawai obobor ada juga miniatur rancangan awal masjid Jami' Al Muhajirin Desa Senanggalih yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. 


"Alhamdulilhah miniatur itu dapat juara 1 pada acara tersebut," imbuhnya, seraya mengatakan bahwa Miniatur Ka'bah dan Unta yang ditunggangi juga ikut serta berjalan beriringan meramaikan acara tersebut. (SN) 

×
Berita Terbaru Update