Notification

×

Iklan

Iklan

Sekolah Lapang Desa Pemenang Barat Usulkan Pembentukan Bank Darah di Desa

Thursday, June 15, 2023 | June 15, 2023 WIB Last Updated 2023-06-15T11:33:13Z

Koordinasi dan penyusunan rencana kerja Pengurus Sekolah Lapang Desa Pemenang Barat yang difasilitasi tim program P3PD Lakpesdam PCNU Lombok Utara

SELAPARANGNEWS.COM - Salah satu Pengurus Sekolah Lapang Desa Pemenang Barat Muhammad Sakrani mengusulkan supaya ada Bank Darah di Desa. Hal itu disampaikan saat menggelar pertemuan koordinasi dan penyusunan rencana kerja Pengurus Sekolah Lapang Desa Pemenang Barat yang difasilitasi tim program P3PD Lakpesdam PCNU Lombok Utara. Kamis, (15/06/2023) di aula Kantor Desa. 


Menurutnya keberadaan Bank Darah di Desa saat ini sangat dibutuhkan oleh warga menyadari susahnya mendapatkan darah maupun pendonor ketika ada masalah darurat yang dialami oleh keluarga maupun warga yang juga menjadi perhatian Pengurus Sekolah Lapang Desa Pemenang Barat. 


“Saya mengusulkan melalui forum Sekolah Lapang ini, kita mendorong pemerintah desa menginisiasi adanya Bank Darah di Desa. Melalui pertemuan atau kegiatan Sekolah Lapang, kita informasikan dan sosialisasikan kepada warga, mengajak dan meminta warga untuk menjadi pendonor yang sewaktu-waktu bisa dihubungi, ketika ada warga kita yang membutuhkan darah untuk perawatan medis karena kondisi darurat, seperti kecelakaan, melahirkan dan kondisi darurat lainnya," kata dia. 


Kesulitan soal darah, kata dia, dirasakan ketika ada keluarga dan warganya membutuhkan darah. Dalam waktu yang cepat dan darurat, tidak jarang warga harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkan darah atau mencari pendonor untuk meminta bantuan, demi menyelamatkan jiwa keluarga maupun warga yang membutuhkan pertolongan atau perawatan medis. Padahal pada saat yang sama, warga sedang dalam kesusahan dan kebingungan. 


Dengan adanya Bank Darah ini, lanjutnya, masyarakat bisa saling membantu, menunjukkan solidaritas serta mengurangi kesusahan warga yang lagi membutuhkan darah. 


"Kita bisa mulai dengan meminta kontak warga yang akan menjadi calon pendonor saat pelaksanaan kegiatan sekolah lapang. Yang selanjutnya bisa dibuatkan group atau forum Bank Darah melalui WhatsApp maupun ditaruh di website desa," ucapnya. 


Usulan ini mendapatkan dukungan dari peserta dan akan menjadi salah satu agenda prioritas pengurus sekolah lapang di Desa Pemenang Barat. (SN) 

×
Berita Terbaru Update