Notification

×

Iklan

Iklan

Komitmen Jadi Desa Inklusi, Pemdes Pemenang Barat Gelar Musyawarah Khusus

Tuesday, September 26, 2023 | September 26, 2023 WIB Last Updated 2023-09-26T03:20:54Z

musyawarah khusus kelompok rentan dan marginal di aula pertemuan Taman Safari Bumdes Desa Pemenang Barat

SELAPARANGNEWS.COM - Desa Pemenang Barat adalah satu dari 320 Desa di 80 Kabupaten/Kota 33 Provinsi se-Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebagai desa lokasi piloting Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Sub Komponen 2B Project Implementation Unit Direktorat Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan. Penetapan sebagai piloting desa inklusi melalui surat keputusan Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Nomor 536.4.4 tahun 2022. 


Komitmen untuk terus menjadikan Desa Pemenang Barat sebagai desa inklusi terus diperlihatkan oleh jajaran Pemerintah Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar kegiatan musyawarah khusus kelompok rentan dan marginal, Senin (25/09/2023) bertempat di aula pertemuan Taman Safari milik Bumdes Desa Pemenang Barat.


“Kegiatan musyawarah khusus ini dilakukan sebagai salah satu strategi pemerintah desa membuka akses dan partisipasi kelompok rentan dan marginal, menjangkau serta mendapatkan masukan, saran dan aspirasi kelompok rentan dan marginal yang selama ini belum banyak terlibat dan merasakan manfaat pembangunan di desa," Kata Asmaat, Kepala Desa Pemenang Barat saat memberikan sambutan pada kegiatan musyawarah khusus kelompok rentan. 


Katanya, terselenggaranya musyawarah khusus kelompok rentan dan marginal ini adalah wujud komitmen kami Pemerintah Desa, mewujudkan Desa Pemenang Barat sebagai desa inklusi. Di mana semua warga dari berbagai latarbelakang diberikan akses dan ruang yang sama untuk terlibat dalam proses pembangunan desa, merasakan manfaat pembangunan serta melakukan kontrol dan evaluasi atas pelaksanaan pembangunan desa. 


Kegiatan musyawarah khusus kelompok rentan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Desa Pemenang Barat dengan Pengurus Sekolah Lapang dan Lakpesdam PCNU Kabupaten Lombok Utara dengan dukungan program P3PD Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 


Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua Tim Penyusun RKPDes, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Tim Program P3PD Lakpesdam PCNU Lombok Utara, Pengurus Sekolah Lapang, Perwakilan Kelompok Perempuan, Disabilitas, Remaja Putri dan Anak-Anak.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Lakpesdam NU yang telah memfasilitasi terselenggaranya musyawarah khusus ini, semoga kolaborasi ini dapat terus terjalin untuk meningkatkan partisipasi dan mengawal hak-hak saudara-saudara kita yang rentan di Desa Pemenang Barat ini," tutup Asma’at. (SN) 

×
Berita Terbaru Update